Rumah Dampingan BNN, Berdayakan Hidup Mantan Pecandu PDF 

Makassar, 21 maret 2013                  
Mantan pecandu narkoba kerap mendapat stigma negatif di mata masyarakat. Pasca rehabilitasi korban narkoba sering kesulitan bersosialisasi. Untuk itu YKP2N Makassar dan badan narkotika nasional menghadirkan sebuah rumah dampingan di makassar sulawesi selatan untuk membantu para korban kembali mendapatkan peluang hidup sosial serta pekerjaan yang layak.
Rumah dampingan. Ya sebuah rumah yang hadir untuk mendampingi menyokong serta memberi peluang bekerja bagi para korban narkotika kini hadir di makassar sulawesi selatan. Rumah yang dicanangkan oleh yayasan kelompok peduli penyalahgunaan narkotika atau ykp2n makassar dan badan narkotika nasional atau b-n-n ini telah beroperasi sekitar 3 bulan dan memberdayakan sedikitnya 10 korban narkotika yang telah dinyatakan bersih dan siap kembali ke masyarakat.

Rumah dampingan yang berlokasi di jalan adhyaksa raya no 11 makassar ini memang terbilang unik. Di sini beragam jenis usaha dikelola diantaranya bengkel jasa pencucian motor pencucian pakaian hingga kafe. Di sinilah para korban narkotika dapat berusaha dan bekerja mengumpulkan keahlian dan modal untuk bisa kembali ke masyarakat dan hidup mandiri.

Tidak hanya mantan pecandu. Para dosen mahasiswa pengusaha dan segenap elemen masyarakat pun turut mengapresiasi hadirnya rumah dampingan ini dalam focus group discussion yang diselenggarakan ykp2n bersama bnn.

Suyono direktur aftercare badan narkotika nasional mengatakan:
(ilmu yang mereka dapat di rumah dampingan ini… berbagai kegiatan.. Pembinaan mental.. Lebih kuat.. Godaan selalu ada.. Pembekalan pola hidup sehat)

Rumah dampingan di makassar memang dibutuhkan sebagai program lanjutan dari rumah rehabilitasi yang berada di baddoka makassar. Selama 2 bulan para korban narkotika dibimbing di rumah ini untuk berlatih bekerja dan berusaha hingga siap kembali kemasyarakat. Tidak hanya di kota ini rumah dampingan pun terus dikembangkan di sejumlah daerah diantaranya jakarta aceh medan dan surabaya. Ama-usm.

Share
 
Joomla! Template design and develop by JoomVision.com - http://www.joomvision.com