Coba Tips Hemat Listrik Berikut ini

Coba Tips Hemat Listrik Berikut ini

Coba Tips Hemat Listrik Berikut ini
Coba Tips Hemat Listrik Berikut ini

 

Kerap kali terkejut melihat tagihan listrik

Yang melambung tinggi tanpa terduga? Memang kehidupan sehari-hari kini tak bisa lepas dari peralatan listrik. Berkembangnya teknologi juga mempengaruhi kebutuhan kita akan listrik, dimana hampir semua barang yang digunakan sehari-hari membutuhkan energi listrik agar bisa berfungsi seperti yang kita harapkan.

Untuk mengatasi lonjakan tagihan listrik yang kerap kali menghantui serta menguras dompet, tips-tips berikut bisa kamu terapkan untuk mencegah lonjakan tagihan listik.

 

Cabut steker perangkat elektronik dari stop kontak ketika tak dipakai

Ketika tak menggunakan suatu perangkat elektronik, ada baiknya untuk mencabut kabel steker dari stop kontak. Selain untuk alasan keselamatan, tapi juga efisiensi daya. Ternyata walaupun tak digunakan, listrik akan tetap mengalir dalam kabel tersebut ke perangkat elektronik. Jika begini, listrik akan terbuang sia-sia dan tagihan listrik pun nantinya akan terhias angka dari listrik yang terbuang tersebut.

 

Utamakan memilih perangkat elektronik hemat listrik

Di zaman teknologi ini, para produsen mengerti bahwa banyak konsumen yang membutuhkan suatu barang tetapi mengharapkan perangkat yang hemat daya. Kini banyak sekali barang elektronik yang sudah dimodifikasi sedemikian mungkin agar dapat bekerja maksimal tanpa harus membebani tagihan listrik meski harus dipakai tiap hari, lho.

 

Matikan lampu ketika tak diperlukan, terutama saat bepergian atau tidur di malam hari

Salah satu hal yang paling mudah disiasati dalam rangka mengurangi tagihan listrik yang melonjak adalah dengan mematikan lampu ketika tak diperlukan. Meski terkesan sepele, ternyata penggunaan beberapa lampu dalam waktu bersamaan ternyata lumayan dapat membuatmu merogoh kocek dalam-dalam ketika membayar tagihan listrik.

 

Cukup nyalakan AC di malam hari.

Salah satu penyebab utama mahalnya tagihan listrik adalah penggunaan AC yang terlalu sering. Dari dulu, memang AC dikenal sebagai perangkat elektronik yang sangat menguras daya. Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa mengganti AC dengan perangkat lain seperti kipas untuk membuat suasana lebih nyaman dan bebas gerah di siang hari.

Baca Juga :