Macam – Macam Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya

Macam – Macam Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya

Macam - Macam Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya
Macam – Macam Jaringan Komputer Beserta Penjelasannya

Berdasarkan jarak dan area kerja, jaringan komputer dapat dibedakan dalam 3 kelompok besar yaitu LAN, MAN dan WAN dengan penjelasan sebagai berikut :

1. LAN (Local Area Network)

LAN atau Local Area Network merupakan suatu jaringan komputer yang menghubungkan komputer atau workstation yang satu dengan komputer yang lain di rumah atau di perkantoran. Jaraknya dibatasi sampai beberapa kilometer dan memiliki kecepatan koneksi antara 2 – 10 Mb/s.
Jaringan LAN terbagi atas jaringan client / server dan peer-to-peer. Jaringan client  / server adalah tipe jaringan yang difungsikan untuk client dan server. Komputer client selalu meminta pelayanan pada komputer server. Komputer server melayani client dengan fasilitas seperti file server, print server, web server dan mail server. Tipe jaringan ini sangat sesuai untuk meningkatkan keamanan data.
Adapun tipe peer-to-peer adalah tipe jaringan yang memperlakukan semua komputer setara. Tidak ada yang melayani dan dilayani semua komputer bertindak sendiri – sendiri, tetapi tetap saling dapat berhubungan untuk saling sharing resources. Teknologi yang biasanya dipakai LAN adalah Ethernet, Token Ring dan FDDI.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Pada prinsipnya sama dengan LAN, hanya saja ukuran jaringannya lebih besar dibandingkan dengan LAN. Bisa dibilang jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN.
Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10 – 50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple. MAN sangat cocok diterapkan untuk membangun jaringan antar kantor yang letaknya berdekatan dalam kota yang sama.

3. WAN (Wide Area Network)

WAN atau Wide Area Network merupakan sebuah jaringan yang memiliki jarak yang luas. WAN dapat menghubungkan jaringan antar negara bahkan benua. Komputer, printer, dan alat lainnya pada LAN dapat terhubung secara jarak jauh. Salah satu tujuan lain pembuatan WAN adalah untuk penyediaan layanan e-mail, World Wide Web dan transfer file.
Teknologi yang biasa dipakai WAN adalah modem, ISDN (Integrated Service Digital Network), DSL (Digital Subscriber Line) dan Frame Relay.