Manfaat Jaringan Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Jaringan Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Jaringan Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Jaringan Komputer Yang Harus Anda Ketahui
Manfaat Jaringan Komputer Yang Harus Anda Ketahui
Dalam perkembangan jaringan komputer tentunya tidak semudah yang kita pikirkan seperti akses jaringan komputer yang saat ini kita gunakan, tidak langsung tercipta begitu saja.
Saat ini manusia tidak bisa lepas dari peran jaringan dalam kehidupan sehari – hari. Begitu banyak manfaat yang dapat kita rasakan, nah disini saya akan berbagi manfaat adanya jaringan komputer yang akan di jelaskan sebagai berikut.
Manfaat Jaringan Komputer
  1. Pembagian Sumber / Sharing Resources

    Pembagian sumber atau sharing resources memungkinkan pengguna (user) bisa mengakses satu komputer / printer / harddisk dan peralatan lainnya secara bersama – sama. Yang berarti satu printer bisa digunakan bersama – sama oleh semua pengguna dimanapun, misalnya pengguna di gedung A bisa menggunakan printer yang berada di gedung B.

  2. Sebagai Media Komunikasi

    Pernahkah anda mengambil uang di ATM atau mengambil uang secara langsung dari suatu Bank ? Padahal anda menabung di Bank pada lokasi yang lain, tetapi jumlah uang tersebut sama dan sesuai dengan perhitungan anda. Hal ini karena adanya komunikasi antara mesin ATM dan peralatan komputer yang berada di Bank tersebut. Transaksi pengambilan uang yang dilakukan secara langsung dan akurat dinamakan transaksi secara online, yang artinya perubahan transaksi data yang terjadi saat itu akan mengubah data pada komputer utama (server) pada saat yang sama.

    Adanya jaringan komputer juga memungkinkan berlangsungnya teleconference, yaitu suatu teknologi komunikasi antara dua orang yang berada di daerah atau negara yang berlainan sehingga dapat saling bertatap muka secara langsung melalui komputer.

  3. Integrasi Data

    Proses transaksi data dengan menggunakan jaringan komputer, memungkinkan pengolahan data bisa dilakukan dan didistribusikan ke beberapa komputer yang tidak hanya ke satu komputer tertentu saja. Adapun proses ini mengakibatkan terjadinya integrasi data yang memungkinkan pengaksesan data secara tepat dan akurat.

  4. Keamanan Data

    Tidak dipungkiri bahwa adanya jaringan komputer dapat menyebabkan penyebaran virus secara cepat ke semua komputer. Hal ini dapat diatasi dengan sistem jaringan komputer yang dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.

  5. Efisiensi Sumber Daya

    Adanya sharing resources menyebabkan efisiensi dalam pengadaan sumber daya. Misalnya suatu perusahaan tidak perlu sampai membeli sepuluh printer untuk sepuluh komputer, akan tetapi cukup membeli satu printer saja untuk sepuluh komputer.

sumber: https://duniapendidikan.co.id/