Workshop Revitalisasi Tim Pengembang Kurikulum SMA

Workshop Revitalisasi Tim Pengembang Kurikulum SMA

 

Workshop Revitalisasi Tim Pengembang Kurikulum SMA

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Ahmad Hadadi, dan Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Yesa Sarwedi Hami Seno, menghadiri Workshop Revitalisasi Tim Pengembang Kurikulum SMA dalam Rangka Kegiatan Pelaksanaan dan Penetapan Kurikulum serta Penilaian Sekolah Provinsi Jawa Barat, di Banquet & Hotel Panorama, Kabupaten Bandung Barat, Selasa 24 April 2018.

Kadisdik Provinsi Jawa Barat

Ahmad Hadadi, mengungkapkan bahwa kurikulum harus berfokus pada pembentukan karakter moral, akhlak, berintegritas sehingga membentuk generasi yang jujur, sabar, tekun, hormat pada orang tua dan guru. Hal-hal tersebut tentunya perlu diajarkan di sekolah. Kedua, perlunya mengembangkan sisi karakter kompetensi. Kompetensi kemampuan tersebut terdapat dalam literasi, kreatifitas, critical thinking, komunikasi, kolaborasi, yang harus dimiliki oleh siswa.

Pengembangan kurikulum saat ini tentunya tidak hanya mengandalkan hapalan

Perlu adanya inovasi kreatifitas analisis agar anak terbiasa dalam pengaplikasian tersebut. Ia berharap anak bisa menyelesaikan masalah kehidupan dengan santun, beretika, berakhlak, dan  mempunyai kemampuan dalam berkompetensi.

Kabid Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

Yesa Sarwedi Hami Seno, mengungkapkan pada workshop ini kota atau kabupaten perlu membantu dalam pengembangan kurikulum muatan lokal, serta menyusun tugas fungsi pengembangan kurikulum dan memvalidasi KTSP.    Workshop ini dilaksanakan selama 3 hari, 24-27 April 2018, dengan narasumber dan fasilitator Pusat Kurikulum Pusat Penilaian dari Kemdikbud dan Disdik Jabar dan dihadiri 105 orang peserta.

 

Artikel Terkait;