Menulis adalah proses bernalar

Menulis adalah proses bernalar

Menulis adalah Proses Bernalar

 

Menulis adalah proses bernalar

 

Pengertian Menulis

Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif. Menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang-orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu. Pengertian Menulis.

 

 

Fungsi dan Prinsip Menulis

Pada prinsipnya fungsi dan tulisan adalah sebagai alat komunikasi yang tidak langsung. Menulis sangat penting bagi pendidikan karena memudahkan para pelajar berpikir, dapat menolong kita berpikir secara kritis, dapat memudahkan kita merasakan dan menikmati hubungan-hubungan, memperdalam daya tanggap atau persepsi kita, memecahkan masalah-masalah yang kita hadapi, menyusun urutan bagi pengalaman.

 

 

Tujuan Penulisan :

* Memudahkan dalam proses bernalar
* menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang
* memberikan ilmu kepada masyarakat

 

 

Penulis yang dapat memanfaatkan situasi dengan tepat. Situasi yang harus diperhatikan dan dimanfaatkan itu sebagai berikut:

1. Maksud dan tujuan sang penulis (perubahan yang diharapkannya akan terjadi pada diri pembaca).

2. Pembaca atau pemirsa (apakah pembaca itu orang tua, kenalan, atau teman sang penulis).

3. Waktu atau kesempatan (keadaan-keadaan yang melibatkan berlangsungnya suatu kejadian tertentu, waktu, tempat, dan situasi yang menuntut perhatian langsung, masalah yang memerlukan pemecahan, pertanyaan yang menuntut jawaba, dan sebagainya) (Angelo, 1980:20).

 

Baca Juga Artikel Lainnya: