4 Peran Khas dalam Populasi

4 Peran Khas dalam Populasi

4 Peran Khas dalam Populasi
4 Peran Khas dalam Populasi

Menurut Aryulina (2007), ber-dasarkan peran khasnya, suatu individu atau populasi dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu:

a) Produsen

Produsen adalah organisme yang menyususn senyawa organik atau mem-buat makanan sendiri dengan bantuan cahaya matahari. Organisme yang ter-golong produsen meliput organism yang melakukan fotosintesis, yaitu: tumbuhan hijau, beberapa jenis bakteri, serta ganggang hijau biru.

b) Konsumen

Konsumen adalah organisme yang tidak mampu menyusun senyawa organik atau membuat makanannya sendiri. Untuk memenuhi kebutuhan makanan-nya, organisme ini bergantung pada organisme lain. Hewan dan manusia ter-golong dalam kelompok sebagai kon-sumen.

c) Dekomposer

Dekomposer merupakan organisme yang menguraikan sisa-sisa organisme untuk memperoleh makanan atau bahan bahan organik yang diperlukan. Penguraian memungkinkan zat-zat organik yang kompleks terurai menjadi zat-zat yang lebih sederhana kemudian dapat dimanfaatkan kembali oleh produsen. Organisme yang termasuk dekomposer adalah bakteri dan jamur.

d) Detritivor

Detritivor adalah organisme yang memakan partikel-partikel organic atau detritus. Detritus merupakan hancuran jaringan hewan atau tumbuhan. Organisme detritivor antara lain cacing tanah, siput, keluwing, bintang laut, dan kutu kayu.

Interaksi antara komponen biotik dengan abiotik membentuk ekosistem. Hubungan antara organisme dengan lingkungannya menyebabkan terjadinya aliran energi dalam sistem itu. Selain aliran energi, di dalam ekosistem terdapat juga struktur atau tingkat trofik, keanekaragaman biotik, serta siklus materi.

 

Baca Artikel Lainnya: