Menristekdikti Orasi Ilmiah di Dies Natalis Unpad

Menristekdikti Orasi Ilmiah di Dies Natalis Unpad

Menristekdikti Orasi Ilmiah di Dies Natalis Unpad
Menristekdikti Orasi Ilmiah di Dies Natalis Unpad

BANDUNG-Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia

, Prof. Moh. Nasir, PhD, Ak., memberikan orasi ilmiah dalam acara peringatan Dies Natalis ke-59 Universitas Padjadjaran di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (14/09).

Orasi ilmiah yang bertajuk “Transformasi Perguruan Tinggi dan Daya Saing Bangsa”, ia menyampaikan jika kualitas perguruan tinggi di Indonesia harus semakin baik guna menghadapi tantangan bangsa yang semakin kompleks.

“Saat ini, total jumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia

mencapai 4.350 dengan total jumlah penduduk sekitar 250 juta jiwa. Angka ini melebihi jumlah total perguruan tinggi di Tiongkok, yaitu sekitar 2.824 dengan total penduduk 1,4 miliar. Ini berarti Indonesia punya kesempatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi,” ujarnya.

Ia menambahkan salah satu target pemerintah terhadap perguruan tinggi

adalah masuk 500 besar perguruan tinggi terbaik dunia. Guna mewujudkan hal tersebut, manajemen pengelolaan perguruan tinggi harus diubah. Kemristekdikti sendiri, kata Prof. Nasir, telah menyiapkan berbagai regulasi untuk peningkatan kualitas perguruan tinggi.

“Regulasi yang dilakukan untuk perbaikan, sehingga mendorong perguruan tinggi Indonesia punya fleksibilitas baik. Baik fleksibilitas dalam otonomi akademik, maupun non akademik,” imbuhnya. jo

 

Sumber :

http://forum.detik.com/respirasi-aerob-t2044978.html