Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

Pengertian Perusahaan:

Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat.

Menurut Kansil

Perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus dan didirikan, bekerja, serta berkedudukan dalam wilayah negara indonesia untuk tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba.

Menurut Swastha dan Sukotjo

            Perusahaan adalah adalah suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.

Tempat kedudukan dan letak perusahaan:

Tempat dan letak perusahaan merupakan salah satu faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Disamping pertimbangan terhadap kebutuhan Pada saat pendirian, pemilihan letak dan tempat kedudukan perusahaan harus pula mempertimbangkan fleksibilitas terhadap rencana di masa depan, dalam hal perluasan pabrik, diverensi produksi, perubahan dan perluasan bahan baku, dan sebagainya.

Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut, tempat kedudukan perusahaan pada umumnya di pengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti: lembaga pemerintah,lembaga keuangan,pelanggan,dan sebagainya. Letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan  pabrik. Letak perusahaan di pengaruhi faktor ekonomi dan merupakan faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya.

Faktor-faktor biaya:

  • Harga bahan mentah
  • Tingkat upah buruh
  • Tanah
  • Pajak
  • Tingkat bunga
  • Biaya alat produksitahan lam
  • Biaya atas jasa pihak ke tigaJenis-Jenis Letak Perusahaan
    dapat dibedakan menjadi 4 macam
    Terikat keadaan alam
    2.  Terikat sejarah
    3.  Terikat pemerintah
    4.  Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi.

    1. Letak perusahaan yang terikat alam pada umumnya karena ketersediaan bahan baku.
    Contoh; perusahaan timah,emas,minyak bumi, dll.
    2. Perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena alasan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah.
    Contoh; perusahaan batik banyak di dirikan di daerah yogyakarta, karena pada mulanya  batik di kerjakan oleh para wanita keraton untuk mengisi waktu senggang.
    3. Di tentukan pemerintah atas dasar pertimbangan keamanan,politik,kesejahteraan,dsb.
    Contoh: perusahaan bahan kimia yang berbahaya ditentukan di lokasi yang agak terisolir.
    4. Faktor-faktor yang berpengaruh penting dalam kaitannya dengan letak perusahaan
    Yang bersifat industri adalah kedekatan dan ketersediaan bahan mentah, ketersediaan tenga air,tenaga kerja, modal, transportasi serta kedekatan pasar, dan kesesuaian iklim.
    Perusahaan dan lembaga sosial

Telah di kemukakan bahwa perusahaan merupakan suatu unit kegiatan produksi untuk menyediakan barang atau jasa bagi masyarakat untuk memperoleh keuntungan.unit kegiatan itu disebut sebagai lembaga sosial seperti lembaga sosial lainnya seperti yayasan sosial koperasi dan lain lain. Perusahaan dapat di katakan sebagai suatu sistem apa bila terdiri dri sub-sub sistem yang saling bekerja sama ataupun saling mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung untuk mencapai tujuan tertentu.perusahaan sebagai suatu sistem, merupakan kombinasi dari berbagai sumber-sumber ekonomi yang langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi dan distribusi barang atau jasa untuk mencapai keuntungan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat

Berbagai macam lingkungan perusahan  dan pengaruhnya terhadap perusahaan

Telah di kemukakan adanya dua lingkungan yang mempengaruhi perusahaan yaitu lingkungan umum dan lingkungan khusus.

Lingkungan umum perusahaan:

1.Politik
Dalam hal ini menyangkut tingkat pemusatan plitik, sifat organisasi politik, system partai kesadaran dalam masyarakat,kehidupan perusahan sangat terpengaruh oleh politik Negara di mana perusahaan berada.

2.Hukum
Lingkungan ini meliputi sifat dari system hukum, system hukum yang berlaku khususnya yang berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan, masalah peraturan perundangan.

3.Sosial
Meliputi struktur golongan yang ada dalam masyarakat yang dapat mempengaruhi perusahaan, termasuk didalamnya sifat dan perkembangan dari lembaga- lembaga sosial.

4.Perekonomian
Sistem perekonomian yang mempengaruhi perkembangan perusahaan terdiri dari berbagai aspek ekonomi dan unit-unit ekonomi dalam masyarakat yang meliputi jenis organisasi ekonomi,system pemilikan perusahaan,system perpajakan dan perbangkan,tingkat produksivitas,tingkat investasi, pola konsumsi masyarakat dll.

5.Teknologi
Dalam kenyataannya tingkat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang industri dan fasilitas lain dalam pabrik yang berkembang sangat pesat ikut terpengaruh dalam perusahaan.oleh karena itu dengan adanya kemajuan teknologi sangat mempengaruhi perusahaan dalam mengembangkan
proses produksi dan kegiatan operasionalnya

Lingkungan khusus perusahaan:


1.Penyedia

Di sini termasuk penyedia bahan baku, alat-alat produksi, tenaga kerja. Perusahan harus membina hubungan baik dengan para penyedia ini sebab, jika tidak maka opersi perusahan akan terganggu.

2.Pelanggan
Termasuk dalam lingkungan ini adalah semua pembeli produk perusahaan, baik yang membeli untuk di jual lagi ataupun beli untuk keperluan sendiri (konsumen akhir).

3.Pesaing
Dalam hal ini meliputi perusahaan-perusahaan yang membuat produk sejenis maupun yang membuat barang pengganti ( subsitusi ). Agar perusahaan dapat bertahan dalam persaingan maka di perlukan strategi untuk menghadapi para pesaing tersebut.

4.Teknologi
Inti dari suatu perusahaan adalah proses produksi. Tabel Periodik Untuk itu selalu di perlukan pengembangan teknik berproduksi secara kualitatif dan kuantitatif yaitu berproduksi pada jumlah optimal yang dapat memenuhi selera langganan dengan memuaskan.