MEMBUAT PARAFRASA LISAN

Membuat Parafrasa Lisan – Parafrasa lisan adalah proses pengungkapan kembali suatu gagasan dari sebuah tingkatan atau macam bahasa tertentu, menjadi bentuk lain tanpa mengubah pengertian atau isi. Pada kesempatan ini, kita akan membahas cara membuat parafarasa lisan. Kita bisa membuat parafrasa lisan dari sebuah berita yang kita dengarkan atau artikel yang kita baca, kemudian kita ungkapkan kembali informasi yang kita terima dengan kata atau kalimat kita sendiri.

Membuat Parafrasa Lisan
Membuat Parafrasa Lisan

Sebelum kita membuat parafrasa lisan, terlebih dahulu kita harus menangkap gagasan pokok dari berita/informasi yang kita dengarkan atau kita baca.


Langkah-Langkah Membuat Parafrasa Lisan

Untuk membuat parafrasa lisan, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Mendengarkan secara cermat informasi yang diperoleh dari rekaman yang diperdengarkan, atau membaca secara teliti informasi yang diperoleh dari bacaan.

2. Mencatat kata-kata kunci, istilah, yang menjadi gagasan yang didengar maupun dibaca.

3. Membuat reproduksi, yaitu menyusun kembali gagasan yang telah dicatat, menjadi kata-kata baru dan kalimat-kalimat baru.

4. Mengungkapkan kembali secara lisan, informasi yang telah diperoleh dengan kalimat dan gaya yang baru.

Gunakan kalimat-kalimat sederhana, dan mudah dipahami, agar parafrasa lisan yang kita sampaikan bisa diterima dengan baik oleh pendengar. Salah satu cara agar kalimat kita mudah dipahami adalah dengan menghindari penggunaan kalimat mejemuk.


Demikian postingan tentang MEMBUAT PARAFRASA LISAN, semoga bermanfaat. Selamat Belajar… !!! 🙂

Baca Juga : teks laporan hasil observasi