Temuan Money Politik, Warnai Kampanye Pileg

Temuan Money Politik, Warnai Kampanye Pileg

Temuan Money Politik, Warnai Kampanye Pileg

Temuan Money Politik, Warnai Kampanye Pileg
Temuan Money Politik, Warnai Kampanye Pileg

BANDUNG. Temuan  money politik masih mewarnai dalam pelaksanaan kampanye

Pemilu Legislatif (Pileg). Di sejumlah daerah ditemukan praktek money politik yang dilakukan beberapa parpol. Hal demikian, diungkapkan Ketua Bawaslu Jabar, Harminus Koto dalam keterangannya kepada wartawan , Kamis sore (27/3).

Harminus, lebih lanjut memaparkan hingga saat ini laporan praktek money p

olitik yang diterima Bawaslu mencapai 22 kasus. Kasus tersebut, terjadi di beberapa daerah antara lain : Kota Bandung 1 kasus dan Kabupaten Bandung 2 kasus , Kabupaten Bogor 1 kasus , Kota Bekasi 2 kasus , Kabupaten Cirebon 1 kasus , Kabupaten Cianjur 1 kasus, Kabupaten Ciamis 7 kasus, Kabupaten Indramayu 1 kasus, Kabupaten Karawang 1 kasus, Kabupaten Kuningan 1 kasus, Kabupaten Purwakarta  2 kasus serta Kota Sukabumi dan Kota Tasikmalaya masing-masing 2 kasus.

Atas laporan tersebut sudah dilakukan langkah tindak lanjut. Hasil proses klarifikasi,

untuk money politik di Karawang tidak memenuhi unsur pelanggaran, di Kota Tasikmalaya tidak memenuhi unsur karena kurangnya alat bukti serta  Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung masih dalam proses pemeriksaan.

Selanjutnya, hasil pemeriksaan di Kota Bekasi untuk satu kasus tidak memenuhi unsur dan 1 kasus masih dalam proses pemeriksaan, Kota Sukabumi tidak memenuhi unsur, Kabupaten Cirebon dan 1 kasus Purwakarta masing-masing masih dalam tahap proses pemeriksaan dan 1 kasus lain tidak memenuhi unsur.

Untuk di wilayah Ciamis, dari 7 kasus  yang dilaporkan  4 kasus tidak memenuhi pelanggaran dan 3 kasus masih dalam proses pemeriksaan. Kabupaten Bogor tidak memenuhi unsur. Kabupaten Indramayu dalam proses serta Kota Bandung tidak memenuhi unsur karena kurangnya alat bukti. (Nur)

 

Sumber :

https://insightmaker.com/article/169675/Understanding-Leadership-According-to-Experts