Tiga Jalur Seleksi Masuk Unpad 2019

Tiga Jalur Seleksi Masuk Unpad 2019

Tiga Jalur Seleksi Masuk Unpad 2019
Tiga Jalur Seleksi Masuk Unpad 2019

Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka 3 jalur penerimaan mahasiswa baru 2019,

yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi  Negeri (SNMPTN), Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN), dan Jalur Seleksi Mandiri. Hal tersebut disampaikan Tim Pelaksana Teknis Rektor Unpad Bandung, Rina Indiastuti.

Rina mengatakan, proses seleksi mandiri harus memiliki mutu yang sama dengan SBMPTN. Mutu seleksi mandiri tidak boleh lebih rendah dibandingkan SNMPTN dan SBMPTN karena Unpad harus menjaga mutu lulusan SNMPTN dan SBMPTN. “Ketiga jenis tes tersebut berstandar sama. Paling tidak, nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) pasti dipakai untuk seleksi mandiri,” jelasnya, seperti dilansir dari Tempo.co, Jumat (24/5/2019).

Rina mengatakan, seleksi mandiri Unpad ini bisa diikuti lulusan tiga tahun sebelumnya,

mengikuti tes seperti UTBK, ditambah seleksi bahasa. “Namun, tak semua program studi sarjana di Unpad membuka khusus jalur mandiri. Jalur mandiri akan dibuka, terutama bagi program studi yang membutuhkan ujian tambahan di luar UTBK,” tutur Rina.

Persentase alokasi daya tampung sarjana reguler di Unpad, lanjutnya, minimal 25%

untuk SNMPTN, 50% SBMPTN, dan 25% jalur mandiri. “Untuk uang kuliah tunggal (UKT) di Unpad tidak akan mengalami kenaikan,” ucapnya.

Tahun ini, tambahnya, Unpad juga membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru tingkat sarjana reguler melalui jalur mandiri atau jalur Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). “Tetapi, SMUP hanya dibuka untuk mahasiswa yang akan melanjutkan ke program sarjana terapan, sarjana program studi di luar kampus utama, dan pascasarjana,” ujarnya.

Untuk materi ujian tambahan, lanjutnya, Unpad telah menyiapkan materi ujian tambahan, berupa wawancara, tes TOEFL, portofolio, tes minnesota multiphasic personality inventory (MMPI), dan tes praktikum.***

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/