Tim Fisika Indonesia Raih 5 Medali pada Ajang ‘EuPho’ 2019

Tim Fisika Indonesia Raih 5 Medali pada Ajang ‘EuPho’ 2019

Tim Fisika Indonesia Raih 5 Medali pada Ajang 'EuPho' 2019
Tim Fisika Indonesia Raih 5 Medali pada Ajang ‘EuPho’ 2019

Sebanyak 5 siswa Indonesia berhasil menyabet medali emas, perak, dan perunggu di ajang

“International The 3rd European Physics Olympiad (EuPho)” di Riga, Republik Latvia pada 31 Mei – 5 Juni 2019. Salah seorang siswa yang berhasil meraih medali perak berasal dari Jawa Barat, yakni siswa SMAN 1 Depok, Yuwanza Ramadahan.

Selain Yuwanza, empat siswa lainnya adalah Ivander Jonathan dari SMA Mawar Sharon Christian Surabaya (meraih medali emas), Nixon Widjaja dari SMAK IPEKA Plus Tangerang, Banten (perak), Gusti Putu Surya Govinda dari SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta (perunggu), dan Daffa Fathani Adila dari SMAN 8 Jakarta (perunggu).

Dilansir dari, EuPhO tahun ini diikuti 35 negara, dengan jumlah delegasi lebih dari 250 orang.

Negara peserta dari luar Eropa berasal dari Asia, (Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Bangladesh), Afrika, Brasil serta Arab Saudi.

Tahapan tes ini dilakukan dalam 2 gelombang, yakni fisika eksperimen dan fisika teori. Masing-masing tes berlangsung selama 5 jam dan keduanya diselenggarakan di Kampus Universitas Latvia.

Untuk soal tes EuPhO tahun ini, topiknya cukup merata. Sebagaimana biasa, soal fisika eksperimen hanya terdiri 2 soal dengan nilai total 20. Kedua soal tersebut dilakukan dengan menggunakan satu alat eksperimen. Topik soal eksperimennya mengenai “gelombang radio”.

Tujuan eksperimen ini untuk mempelajari sifat-sifat gelombang radio ketika

merambat dalam medium yang berbeda (udara dan air). Soal teori terdiri dari topik mekanika, elektrodinamika, termodinamika, dan hidrostatik. Soalnya diramu sedemikian rupa sehingga merupakan gabungan dari beberapa topik fisika.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar), Yesa Sarwedi mengapresiasi dan ikut bangga atas prestasi yang diraih siswa tersebut. “Kita sangat mengapresiasi prestasi yang telah diraih peserta didik kita,” ungkapnya saat ditemui di Gedung Aula Dewi Sartika Kantor Disdik Jabar, Jln. Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, Senin (10/5/2019).

Ia berharap, prestasi tersebut mampu memotivasi siswa lainnya untuk meraih prestasi pada bidang yang ditekuni. “Semoga siswa lain juga mampu menorehkan prestasi membanggakan lainnya,” harapnya.***

 

Baca Juga :