Menuju Delapan Standar Nasional Pendidikan

Menuju Delapan Standar Nasional Pendidikan

Menuju Delapan Standar Nasional Pendidikan

Menuju Delapan Standar Nasional Pendidikan
Menuju Delapan Standar Nasional Pendidikan

Pemerintah fokus agar sekolah memenuhi delapan standar pendidikan. Standar Nasional

Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi. Seluruh komponen harus terpenuhi, termasuk komponen biaya.

Delapan Standar Nasional Pendidikan tersebut terdiri atas, standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan dan standar penilaian pendidikan.

“Yang pertama, guru harus disejahteraka, gaji minamal UMK, karena masih ada yang dibawah itu, kitakan sudah 85ribu/jam. Ini fokusnya agar sekolah ini memenuhi delapan standar pendidikan,” ujar Hadadi saat ditemui pada Senin, 29 Oktober 2018.

            Untuk standar pendidikan dan tenaga kependidikan, Hadadi

mengatakan berfokus pula pada guru non-PNS atau Honorer. Jika guru medapatkan tunjangan profesi uang makan dan lainnya, sementara untuk guru non-PNS hanya honor saja.

“Maka sekolah wajib memberikan honor, sehingga guru bisa fokus dalam memberikan layanan pendidikan dan pendampingan kepada siswa, jangan sampai guru mencari pendapan lain,” ujar Hadadi.

Selain itu, untuk sarana prasarana, Hadadi berharap penyelenggaraan pendidikan sudah berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pemerintah telah memfasilitasi sekolah-sekolah untuk pendidikan berbasis IT tersebut.

“Kita ingin untuk fasilitas pendidikan ditingkatkan. Saranan prasarananya

. Penyelenggaraan sudah berbasis IT, beberapa sekolah kita fasilitasi,” ujar Hadadi.

Seperti yang dilansir dari bsnp-indonesia.org, fungsi Standar Nasional Pendidikan adalah sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu.

Sedangkan Standar Nasional Pendidikan adalah menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.***

 

Sumber :

https://miralaonline.net/segitiga-bermuda/