Peduli Akan Literasi, Pertamina RU II Dumai Resmikan Taman Bacaan di Dua Sekolah

Peduli Akan Literasi, Pertamina RU II Dumai Resmikan Taman Bacaan di Dua Sekolah

Pertamina Refinery Unit (RU) II resmikan Taman Bacaan Pertamina di dua sekolah di Dumai, yakni SMPN 14 Tanjung Palas dan SMP Muhammadiyah Jaya Mukti.

Unit Manager Communication & CSR RU II, Muslim Dharmawan mengungkapkan program ini merupakan salah satu program CSR Pertamina secara terpusat yang diimplementasikan di unit-unit operasi, termasuk di Dumai.

“Taman Bacaan Pertamina adalah program CSR pada pilar pendidikan yang berfokus

pada peningkatan literasi siswa di Indonesia. Kami berharap para siswa disini akan bertambah rajin untuk mengunjungi perpustakaan dengan adanya Taman Bacaan ini” terang Muslim beberapa waktu lalu.

Bantuan yang diberikan berupa paket perpustakaan lengkap meliputi 500 pcs buku bacaan, rak buku, komputer, e-library, perangkat multimedia seperti TV dan DVD pembelajaran siswa, hingga pelatihan dan pendampingan untuk para guru tentang kepustakaan.

Kepala sekolah SMP Muhammadiyah, Asmawati, menyambut baik program Taman

Bacaan yang dijalankan Pertamina di sekolahnya.

“Kami ucapkan ribuan terima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan paket perpustakaan lengkap sehingga di sekolah kami punya Taman Bacaan seperti ini. Sungguh kalau tidak karena bantuan Pertamina, sekolah kami tidak akan pernah mampu membelinya sendiri,” ucap Asmawati.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Sekolah SMPN 14, Raminah, pada saat serah terima Taman Bacaan Pertamina di sekolahnya.

“Sudah banyak bantuan Pertamina yang diberikan kepada sekolah kami, mulai dari paket perpustakaan, komputer, laptop, beasiswa, tong sampah, dan lain sebagainya,” kata Raminah.

Adapun penunjukkan sekolah yang diberikan bantuan Taman Bacaan, Muslim

mengungkapkan didasari oleh beberapa faktor, seperti lokasi yang dekat dengan operasional kilang hingga jumlah siswa dan siswi yang ada di sekolah tersebut.

“SMPN 14 dan SMP Muhammadiyah merupakan sekolah yang ada di Ring 1 Pertamina. Sedangkan dalam hal pendampingan dan pelatihan, kami menggandeng kerja sama dengan Balai Pustaka yang didatangkan dari Jakarta,” tutup Muslim.***

Baca Juga :