SMK Al-Irsyad Kembangkan SMK Berbasis Industri

SMK Al-Irsyad Kembangkan SMK Berbasis Industri

SMK Al-Irsyad Kembangkan SMK Berbasis Industri

Industri pertanian terus dikembangkan oleh SMK Al-Irsyad Jambi. Bahkan setelah mendapatkan bantuan SMK Berbasis Industri. Saat ini siswa bisa semakin mandiri dnegan mengembangkan berbagai produk unggulan, seperti bibit tanaman dan kompos.

Kepala SMK Al-Irsyad, Reno Fahrudin menuturkan, produk unggulan yang

dihasilkan akan terus diberdayakan. Dalam hal ini, melatih siswa dalam berwirausaha dan mengembangkan produk yang ada.

Aneka jenis bibit tanaman yang dikembangkan pun dipasarkan secara umum. “Dengan begitu menambah semangat siswa dan membuka peluang lebih besar terhadap industry pertanian,” ungkap Reno.

Disebutkannya, jenis bibit tanaman yang dikembangkan yakni lengkeng

daimen, durian montong, duku Kumpeh, mangga harum manis dan mangga nangkok, mentoa, jeruk manis, nipis, purut, jambu biji keristal, jambu air Mayang Mangurai, nangkoda, sawo super, alpokat, rambutan Binjai dan lain sebagainya.

Selain bibit tanaman juga tersedia pupuk kompos bertikorderma. Kompos tersebut juga dijual dengan variasi kemasan yang menarik.

“Kompos ini memiliki daya tarik tersendiri tersendiri. Selain lebih praktis juga kaya manfaat untuk pengembangan tanaman,” lanjutnya.

Selain memproduksi pupuk kompos dan memperbanyak bibit tanaman, siswa

juga secara perlahan diajarkan dalam berwirausaha. Beberapa orang siswa memiliki cara tersendiri dalam memasarkan produknya.

“Kita sangat dukung upaya yang dilakukan siswa ini untuk melatih keberanian dalam berwirausaha,” tandasnya.

 

Baca Juga :