Kelompok dan Manajemen Konflik

Kelompok dan Manajemen Konflik

Kelompok dan Manajemen Konflik

Dalam rangka meningkatkan kualitas peran dan fungsi para Pembina OSIS  se-Kabupaten Kuningan,  pada hari Kamis, 24-12-2009, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan melalui seksi  Pembinaan Generasi Muda telah menyelenggarakan  kegiatan workshop  tentang Pembinaan Kesiswaan yang diikuti oleh para Pembina OSIS SLTP/MTs, dan SMA/MA/ SMK  se-Kabupaten Kuningan, bertempat di Restoran Lembah Ciremai.

Pada kesempatan ini,  dihadirkan 4 (empat) pembicara utama, yaitu:

  1. Drs. H. Dadang   Supardan, M.Si., (Kepala DISDIKPORA),   membahas materi “Kebijakan DISDIKPORA Kabupaten Kuningan tentang Pembinaan Kesiswaan
  2. DR. H. Kuswandy AM, M.Pd., membahas materi “Pola dan Strategi Kesiswaan sebagai Bagian Integral dari Pembinaan Generasi Muda Indonesia
  3. DR. Uhar Suharsaputra, M.Pd., membahas materi “Model dan Strategi Pelatihan Kepemimpinan, Manajemen dan Organisasi dalam Konteks Pembinaan Kesiswaan”
  4. Akhmad Sudrajat, M.Pd., membahas materi “Dinamika Kelompok dan Manajemen Konflik”

Terkait dengan materi yang saya sampaikan yaitu tentang “Dinamika Kelompok dan Manajemen Konflik”, saya berusaha mengajak peserta  workshop untuk dapat memahami tentang:

  • Kedudukan dinamika kelompok dalam layanan pendidikan di sekolah
  • Konsep dasar dinamika kelompok
  • Mekanisme pengembangan kelompok
  • Ciri-ciri kelompok yang efektif
  • Upaya memfasilitasi kelompok
  • Jenis kegiatan dan permainan kelompok
  • Upaya mengelola konflik dalam kelompok

Penyampaian materi dikemas dalam bentuk tayangan power point yang diselingi dengan  beberapa permainan kelompok. Meski waktu yang disediakan relatif  terbatas tetapi secara keseluruhan saya melihat ternyata para peserta sangat enthusias dan kooperatif  ketika mengikuti penyajian materi saya ini. Untuk itu, pada kesempatan ini  saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang telah berpatisipasi aktif dalam kegiatan ini dan terima kasih pula kepada  panitia yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk berbagi pengetahuan dengan rekan-rekan  peserta.

Semoga dengan adanya kegiatan workshop ini upaya pembinaan kesiswaan di  Kabupaten Kuningan  dapat semakin optimal. Amin.