Inggris Waspadai Campur Tangan China pada Sejumlah Universitas

Inggris Waspadai Campur Tangan China pada Sejumlah Universitas

Inggris Waspadai Campur Tangan China pada Sejumlah Universitas

Anggota parlemen Inggris telah memperingatkan perihal adanya bukti yang

mengkhawatirkan terkait pengaruh China di beberapa universitas. Hal tersebut termasuk risiko potensial terhadap kebebasan akademik dari lembaga-lembaga Inggris yang menargetkan kemitraan di Tiongkok.

Dikutip dari CNN, Rabu (6/11) Inggris adalah negara terbaru yang memperingatkan kemungkinan campur tangan pemerintah China dalam sistem pendidikan, setelah bertahun-tahun universitas secara agresif menargetkan siswa dari China, sebagai yang membayar lebih banyak daripada siswa Inggris atau Eropa.

“Terlepas dari kenyataan bahwa sekarang ada lebih dari 100.000 siswa China di Inggris, masalah pengaruh China telah menjadi bahan perdebatan yang sangat kecil dibandingkan dengan di Australia, Selandia Baru dan AS,” menurut sebuah laporan dari Komite Luar Negeri DPR Inggris.

Inggris adalah salah satu tujuan paling populer di luar negeri untuk siswa

China, selain AS, Australia dan Kanada. Ditambah lagi, beberapa universitas Inggris, termasuk Liverpool dan Nottingham telah membangun kemitraan atau hubungan dekat lainnya dengan Perguruan tinggi China.

Kemitraan yang bersifat ekonomi dan akademik, serta manfaat finansial yang sangat besar yang dibawa oleh mahasiswa Tiongkok, membuat universitas-universitas Inggris rentan terhadap tekanan dari pemerintah China, menurut laporan DPR Inggris.

“Universitas memiliki insentif yang kuat untuk membangun kemitraan di luar

negeri untuk mengamankan pendanaan dan meningkatkan kolaborasi pada proyek-proyek penelitian, tetapi ini harus diimbangi dengan risiko potensial terhadap kebebasan akademik,” kata anggota parlemen.

 

Sumber :

https://t.me/belajarngeblogbareng/18