18 PTN Siap Gelar Ujian Mandiri Serentak, Pendaftaran Mulai 2 Juni

18 PTN Siap Gelar Ujian Mandiri Serentak, Pendaftaran Mulai 2 Juni

18 PTN Siap Gelar Ujian Mandiri Serentak, Pendaftaran Mulai 2 Juni

Rektor dari 18 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di wilayah barat Indonesia

menyatakan kesiapannya untuk menyelenggarakan program seleksi masuk perguruan tinggi jalur mandiri secara serentak. Program seleksi bersama ini dinamakan SMM-PTN BARAT 2020.
Program SMM-PTN BARAT berada di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Sekjen Kemendikbud Nizam berharap SMM-PTN Barat bisa membuahkan proses seleksi masuk PTN yang transparan.
“Publik bisa mengetahui proses input perguruan tinggi, masyarakat mendapat fasilitas yang transparan dan mudah diakses,” kata Nizam saat memberikan sambutan di acara launching SMM PTN Barat di Hotel Century, Jakarta Selatan, Jumat (24/1).
SMM-PTN Barat juga diharapkan bisa menyaring sebanyak-banyaknya mahasiswa. Sesuai dengan visi-misi Mendikbud Nadiem Makarim, yakni semakin banyak mahasiswa artinya semakin banyak anak muda Indonesia yang memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan.
“Dia ingin mahasiswa itu bisa berpeluang memperkaya diri dan mengembangkan diri,” ujar Nizam.

Sama dengan jalur penerimaan masuk PTN lainnya, calon mahasiswa harus

mendaftar terlebih dahulu untuk ikut SMM-PTN Barat. Pendaftaran SMM-PTN Barat dibuka pada 2 Juni 2020 hingga 10 Juli 2020.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (12/12/2019). Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasar

Calon mahasiswa lalu dipersilakan memilih kelompok ujian yang terbagi

menjadi tiga jenis; kelompok ujian Sainstek, Soshum, dan campuran. Untuk kelompok Sainstek dan Soshum akan dikenakan biaya administratif sebesar Rp 350 ribu dan campuran Rp 500 ribu.
ADVERTISEMENT
Ujian akan dilakukan secara tertulis pada 16 Juli 2020. Hasil ujian akan diumumkan pada 25 Juli 2020.

 

Baca Juga :