Mencari Unsur Intrinsik Watak Tokoh Cerita

Mencari Unsur Intrinsik Watak Tokoh Cerita

Mencari Unsur Intrinsik Watak Tokoh Cerita

tokoh dalam cerita. Berikut soal-soal yang bisa menjadi referensi belajar siswa! 

Carilah watak dalam ilustrasi cerita berikut!

No Ilustrasi Watak
1 Afif adalah pengusaha yang sukses. Namun, ia tidak pernah mengubah gaya hidupnya.  Walaupun sudah kaya, ia tidak pernah membeli barang-barang mewah. Ia pun masih memakai sepeda motor bututnya untuk pergi ke kantornya yang megah. Menurutnya, yang penting fungsi daripada gengsi. ….
2 Raja itu sangat dicintai rakyatnya. Raja itu selalu memberi keadilan bagi rakyatnya. Ia selalu membuat aturan yang bisa menyejahterakan rakyatnya. Aturan hukum pun dibuat untuk menciptakan keadaan yang aman dan tenteram. ….
3 Joni sebenarnya sangat pandai. Dengan sekali baca, materi pelajaran yang sulit pun, dapat dengan mudah ia pahami. Hanya saja ketika ujian, nilainya tidak bisa sempurna karena ia sering keliru membaca, keliru menghitung, bahkan keliru mencoret jawaban. ….
4 Setelah mendapat dua buah timun, kancil itu belum puas. Ia tergiur dengan timun milik temannya yang lebih besar. Ia pun ingin merebut timun yang lebih besar itu. ….
5 Boni berjalan di sebuah pekarangan yang sepi. Hari semakin bertambah gelap. Ia mulai memasuki area permakaman. Ia mendengar suara burung hantu. Namun, Boni tetap berjalan dengan santai. ….
6 Deni tidak mengerjakan PR yang diberikan Pak Badu. Deni beralasan bahwa ia sakit sehingga belum bisa mengerjakan PR. Walaupun Deni jujur, Pak Badu tetap memberikan sanksi untuk Deni dengan menyuruh Deni mengerjakan tugas itu 5 x di buku tugas dan dikerjakan di luar kelas karena memang seperti itulah aturan di kelas Pak Badu. ….
7 Hana memang anak yang punya banyak ide dalam berkarya. Barang-barang bekas yang tak terpakai, bisa ia sulap menjadi karya yang unik dan lucu. Ia juga pandai dalam menyusun kata-kata yang menarik untuk dijadikan slogan atau iklan. ….
8 Sudah hampir tiga jam Pak Sofyan duduk di atas batu menunggu kailnya disambar ikan. Namun, tidak ada satu pun ikan yang mendekat. Hari semakin panas. Namun, Pak Sofyan kembali melempar kainnya ke sungai itu. ….
9 Banu tidak pernah melanggar aturan sekolah. Ia tidak pernah terlambat. Dalam menggunakan seragam, juga sesuai aturan. PR selalu ia kerjakan. Pokoknya, ia pantas dijadikan siswa teladan. ….
10 Joki sebenarnya punya banyak uang karena setiap hari ia diberi uang saku yang cukup banyak oleh orang tuanya. Saat ada agenda menjenguk teman kelas yang sakit, ketua kelas mengumumkan agar setiap siswa menyumbang uang saku seikhlasnya untuk membeli oleh-oleh. Namun, Joki hanya memberi uang sedikit, bahkan lebih sedikit daripada teman-temannya yang sebenarnya punya uang pas-pasan. Begitu pula, saat Joki punya makanan yang banyak, ia tidak mau membagi kepada teman-temannya. .

Sumber : https://balikpapanstore.id/money-lover-apk/