Menambahkan Fitur “Reader Mode” pada Google Chrome

Menambahkan Fitur “Reader Mode” pada Google Chrome

 

Menambahkan Fitur Reader Mode pada Google Chrome
Menambahkan Fitur Reader Mode pada Google Chrome

Mozilla Firefox punya fitur “Reader Mode”, seperti yang pernah saya singgung disini. Secara default, Google Chrome tidak punya fitur “Reader Mode” seperti Mozilla Firefox. Untungnya, ada satu ekstensi yang bisa mampu melakukannya, ekstensi tersebut bernama Mercury Reader. Kamu bisa mendownloadnya langsung dari Chrome Web Store.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang ditawarkan ekstensi ini:

Menghilangkan “pernak-pernik” yang tidak diperlukan di sekitar artikel.
Mengirim artikel ke Kindle.
Mengatur ukuran teks dan gambar
Tema gelap untuk membaca di malam hari.
Keyboard Shortcut untuk mempercepat mengubah halaman sebuah website menjadi “Reader Mode”.

Bagaimana cara menggunakan Mercury Reader?

Pertama, kamu perlu menginstall Mercury Reader di Chrome Web Store. Jika sudah, kunjungi suatu website dan pilih salah satu artikel yang ingin kamu baca. Lalu klik ikon Mercury Reader yang terletak di pojok kanan atas untuk mengubah halaman website menjadi “Reader Mode”.

Berikut ini adalah tampilan website sebelum dan sesudah di ubah menjadi “Reader Mode” oleh Mercury Reader.
Seperti yang terlihat diatas, ketika menggunakan “Reader Mode”, website akan menjadi sangat bersih sehingga lebih nyaman untuk kita ketika membaca artikelnya.

Tidak berhenti disitu, Mercury Reader punya beberapa pengaturan untuk

meningkatkan pengalaman membaca kamu. Kalian bisa mengaturan ukuran teks (kecil, sedang, besar), jenis font, dan juga dark mode. Kamu bisa mengakse pengaturan tersebut dengan mengklik tombol berlogo gear di sisi kanan atas artikel.

Kamu yang punya perangkat Kindle (itu loh, tablet buatan Amazon yang terkenal di luar sana) bisa mengirim artikel-artikel yang sudah di ubah tampilannya ke dalam mode baca. Cukup dengan klik “Send to kindle”. Lalu klik tombol “Setup my kindle”, ikuti instruksi berikutnya.

Kekurangan

Sayangnya, Mercury Reader tidak punya fitur untuk menyimpan artikel dalam

bentuk PDF. Jika punya fitur tersebut, pasti akan lebih greget lagi. Karena tampilan website yang dihasilkan oleh Mercury Reader ini sangat keren, pasti bagus jika ada fitur “Export to PDF”.

Omong-omong, sudah coba ekstensi ini belum?

Sumber:

https://furnituremebeljepara.co.id/soccer-shootout-apk/