Transkripsi pada Sel Prokariotik dan Eukariotik

Transkripsi pada Sel Prokariotik dan Eukariotik

Transkripsi pada dasarnya adalah proses penyalinan urutan nukleotida yang terdapat pada molekul DNA menajadi RNA. Dalam proses transkripsi, hanya salah satu untaian DNA yang disalin menjadi urutan nukleotida RNA (transkip RNA). Urutan nukleotida pada transkrip RNA bersifat komplemeter dengan urutan DNA cetakan (DNA template), tetapi identik dengan urutan nukleotida DNA pada untaian pengkode.

Transkripsi pada Sel Prokariotik dan Eukariotik

Perbedaan transkripsi pada sel Prokariotik dan eukariotik dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Waktu dan Lokasi
  • Sel Prokariotik

Proses trankripsi terjadi terjadi didalam sitoplasma.

  • Sel Eukariotik

Proses transkripsi terjadi di dalam inti sel

  1. Gen
  • Sel Prokariotik

Pada sel prokariotik terdiri dari 3 macam gen yakni:

  1. Promoter,

Adalah bagian yang berperan dalam mengendalikan proses transkripsi dan terletak pada ujung 5’. Fungsi promoter adalah sebagai tempat awal pelekatan enzim RNA polimerase yang nantinya melakukan transkripsi pada bagian gen struktural. Salah satu bagian penting promoter disebut sebagai Pribnow box pada urutan nukleotida -10 dan -35. Oleh karena urutan consensus pada Pribnow box adalah TATAAT, maka seringkali disebut juga TATA box. Pribnow box berperanan dalam mengarahkan enzim RNA polymerase sehingga arah transkripsinya adalah dari ujung 5’→3’. Selain itu, daerah ini merupakan tempat pembukaan heliks DNA untuk membentuk kompleks promoter yang yang terbuka.

  1. Struktural

Adalah bagian yang mengandung urutan DNA spesifik (kode genetik) yang akan ditranskripsi.

  1. Terminator

Adalah bagian yang memberikan sinyal pada enzim RNA polimerase untuk menghentikan proses transkripsi. Signal terminasi dicirikan oleh struktur jepit rambut /hairpin dan lengkungan yang kaya yang akan urutan GC yang terbentuk pada molekul RNA hasil transkripsi

sumber :

Prison Life RPG 1.4.4 Apk + Mod(Unlocked) + Data for android