Translasi pada Sel Prokariotik dan Eukariotik

Translasi pada Sel Prokariotik dan Eukariotik

Translasi pada Sel Prokariotik dan Eukariotik

Translasi adalah proses penerjemahan urutan nukleotida yang ada pada molekul mRNA menjadi rangkaian asam amino yang menyusun suatu polipeptida atau protein. RNA yang ditranslasi adalah mRNA, sedangkan tRNA dan rRNA tidak ditranslasi. Molekul rRNA adalah salah atau molekul penyusun ribosom yaitu organel tempat berlangsungnya sintesisi protein, sedangkan tRNA adalah pembawa asam-asam amino yang akan disambungkan menjadi rantai polipeptida.

Proses transalasi pada sel prokariotik dan eukariotik dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Waktu dan Tempat
  • Sel Prokariotik

Pada sel prokariotik, proses translasi terjadi sebelum transkripsi selesai sempurna. Hal ini berarti proses terjadinya translasi dan transkripsi hampir bserempak dan sama-sama terjadi di sitoplasma. Ini dikarenakan tidak membrane inti.

  • Sel Eukariotik

Pada sel eukariotik, proses translasi terjadi setelah transkripsi selesai (tidak terjadi secara bersamaan). Sebelum proses translasi terdapat fase pasca transkripsi. Terjadinya proses translasi ini berbeda dengan transkripsi karena terjadi di sitoplasma. Ini dikarenakan terdapat membran yang membatasi antara nukleus dan sitoplasma.

  1. Proses Inisiasi
  • Sel Prokariotik

RNA polimerase menempel langsung pada DNA di promoter tanpa ada ikatan dengan protein tertentu. Kodon inisiasi pada prokariot adalah formil-metionin/ fMet.

  • Sel Eukariotik

Terdapat transkripsi faktor berupa protein sebagai tempat menempelnya RNA polimerase. Kodon inisiasi pada eukariot adalah metionin.

  1. Sub Unit Ribosomal

  • Sel Prokariotik

Sub unit ribosomal adalah 70S yang terdiri dari bagian besar 50S dan bagian kecil 30S.

  • Sel Eukariotik

Sub unit ribosomal adalah 80S yang terdiri dari bagian besar 60S dan bagian kecil 40S.

sumber :

Power Light – Flashlight with LED Reminder Light 1.6.22 Apk