Teknologi Energi Baru dan Terbarukan Karya Anak Bangsa Mulai Diterapkan

Teknologi Energi Baru dan Terbarukan Karya Anak Bangsa Mulai Diterapkan

Teknologi Energi Baru dan Terbarukan Karya Anak Bangsa Mulai Diterapkan

Teknologi energi baru dan terbarukan (EBT), berupa penggabungan panel

surya dan power storage system (baterai penyimpan energi skala besar) yang disebut powerwall karya anak bangsa mulai diterapkan di Indonesia demi mendukung program pemerintah mengurangi pemakaian bahan bakar fosil yang menyebabkan polusi udara.
Teknologi baterai berkapasitas penyimpanan 8 KWh ini sejatinya telah diluncurkan Baran Energy pada pertengahan tahun lalu, namun baru bisa diterapkan secara sempurna setelah beberapa kali melalui uji coba hingga dipastikan layak digunakan.
Victor Wirawan selaku CEO (Chief Executive Officer) sekaligus pendiri Baran Energy mengungkapkan di Ciawi, Sabtu (8/2/2020), teknologi sudah bisa digunakan masyarakat umum.

“Saya bersama anak-anak milenial Indonesia saat ini telah melakukan

pemasangan teknologi energi terbarukan ini di sebuah kawasan resor di daerah Ciawi, Bogor.
Berkat teknologi ini, masyarakat bisa menghemat empat kali lipat bila dibanding listrik konvensional.
“Kami berharap, teknologi bisa menjadi sebuah terobosan di tengah semakin merosotnya cadangan energi fosil di dunia,” papar Victor, saat acara open house di sebuah resor swa energi di Ciawi, Bogor, dimana teknologi Baran terpasang.

Lebih lanjut Victor menjelaskan, cara kerja teknologi Baran Energy cukup

sederhana, yakni cahaya matahari dikonversi menjadi energi listrik oleh panel surya yang terpasang di atap bangunan, setelah itu dari panel surya energi listrik disalurkan ke peralatan rumah tangga, seperti lampu, kulkas, mesin air, AC, kipas angin dan lain-lain.