JENIS-JENIS MIKROSKOP ELEKTRON

JENIS-JENIS MIKROSKOP ELEKTRON

JENIS-JENIS MIKROSKOP ELEKTRON

Berikut jenis mikroskop elektron :

• TEM (TRANSMISSION ELECTRON MICROSCOPE)

Pada jenis pertama, cara kerja dari mikroskop ini adalah dengan elektron ditembuskan pada objek yang sedang diamati. Lalu, hasil dari pengamatan akan ditembuskan pada layar yang terdapat jenis mikroskop. Tentunya kinerja pada jenis ini jauh lebih meningkat dari yang menggunakan sumber tenaga cahaya dan tingkat perbesaran yang bisa dilakukan adalah 2 juta kali lebih terukur.

Untuk cara kerja pada mikroskop, buatlah dahulu atau pastikan hal yang akan diteliti memiliki ketipisan yang mumpuni. Kemudian preparat diberi lapisan dengan menggunakan monomer resin yang melalui proses pemanasan. Setelah itu, maka diperlukan proses pewarnaan yang diamati pada lingkungan sekitar dan pewarnaan ini menggunakan logam seperti uranium dan timbal yang berat.

• SEM (SCANNING ELECTRON MICROSCOPE)

Pengembangan pada jenis TEM sebelumnya adalah alat mikroskop yang berjenis SEM ini. Cara kerja elektron yang menembus sesuatu yang akan diteliti adalah langsung terfokus pada bagian sudut tergolong sempit. Pada prosesnya dengan melakukan pemindaian dari satu sisi ke sisi yang lain, nantinya akan menghasilkan sebuah titik yang akan membentuk sebuah gambar.


Sumber: https://mansionpromo.co.id/feist-apk/