MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BAIK

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BAIK

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA YANG BAIK

1. MEREKRUT USER ATAU MANAJER HANDAL

Ada salah satu cara yang lebih jitu lagi yaitu dengan menjaring calon yang tepat dengan cara secara aktif mencarinya di lingkungan industri dan bila benar-benar dibutuhkan dengan cara membajak dari perusahaan yang lainnya atau biasa disebut headhunting dan hijacking. Tapi itu semua memang dengan biaya yang tidak murah bagi perusahaan yang membutuhkan seorang manajer andal.

Adapun usaha-usaha yang sangat kompleks dan tidak murah ini memang belum bisa menjamin beberapa kesesuaian antar calon pegawai pada jabatan yang akan diisinya. Ternyata ketidakcocokan bisa juga disebabkan karena ternyata si calon tersebut belum memenuhi beberapa persyaratan kerja pekerja itu sendiri yang merasa memang kurang sesuai dengan kedudukan barunya tersebut.

2. MEMBUAT BETAH PEKERJA

Faktor seperti gaji yang tinggi, fasilitas lengkap, sertajabatan atau ke-dudukan yang begitu jelas memang tidak akan selalu menjamin seseorang tersebut betah sebagai pegawai, terlebih lagi memang pada tingkatan ma¬najerial ke atas. Tentunya sebagai orang yang baru hal tersebut perlu ada pertimbangan yang matang namun memang selang waktu, selain itu juga tentu ada hal-hal yang lain dicarinya.

Salah satu upaya untuk membuat pekerja atau pegawai baru menjadi betah, apalagi bila anda mengetahui ia adalah seorang dengan tipe yang sangat inisiatif, enerigik, dan juga ogah terhadap rutinitas, memang harusnya dilakukan atau dimulai sejak awal-awal, ketika ia memang benar-benar baru saja masuk. Pada bulan yang pertama akan diperkenalkan pada sebuah lingkungan kerja yang benar.

3. PELATIHAN

Tentunya bagi para manajer yang baru dengan tugasnya sangat berhubungan dengan banyak sekali unit lain di dalam perusahaan, maka ada baiknya memang ia pun akan mengenali sebuah fungsi dan juga tugas dari unit-unit itu. Adapun bagi beberapa perusahaan besar bahkan mereka akan mengharuskan para manajer-manajer tersebut untuk dapat mengikuti hands-on training di beberapa unit tersebut.

Hal tersebut merupakan pengalaman yang sangat teramat penting mengingat bahwa dalam menjalani tugasnya nanti sang manajerlah yang akan berhubungan pada banyak dengan beberapa unit-unit itu sehingga nantinya perlu memahami pola kerjanya hingga sedetail mungkin. Tentunya dalam proses yang demikian ini bisa saja akan berlangsung sampai setahun adapun trainee ini akan sangat sibuk.


Sumber: https://office1.co.id/2020/04/28/neo-angle-apk/