PERAN PEMERINTAH DALAM PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA

PERAN PEMERINTAH DALAM PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA

PERAN PEMERINTAH DALAM PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA

Adanya peningkatan terhadap kualitas SDM

tentu akan sangat diperlukan hal yang sangat krusial saat ini terutama dengan telah berlakunya sistem MEA. Tentu untuk menanggapi hal tersebut. Kementerian Tenaga Kerja telah berupaya guna mencegah kompetensi dan sertifikasi-sertifikasi profesi serta lebih mengoptimalkan informasi pasar kerja baik itu di dalam maupun luar negeri.

Dalam upaya peningkatan kualitas akan SDM yang telah diberlakukan melalui satuan pendidikan dan pelatihan vokasi yang telah dijalankan pada tahun 2017. Selain itu juga peningkatan kompetensi dilakukan melalui program pelatihan kerja, program pemagangan serta dilihat dari program sertifikasi yang lebih menyesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini sehingga akan menghasilkan tenaga kerja yang terlatih.

Jika dilihat perwujudan dari pemerintah sendiri adalah dimana telah menyiapkan Balai Latihan Kerja (BLK) yang merupakan sebuah fasilitas pelatihan yang sudah disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional atau SKKNI. Pelatihan-pelatihan tersebut memang diberikan di BLK yang lebih berfokus pada kemampuan kerja yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan dan sikap menyesuaikan dengan SOP kerja.

Seperti yang sudah diuraikan bahwa dapat dilihat jika Pemerintah Indonesia sendiri sudah melakukan beragam upaya dalam rangka untuk peningkatan kualitas SDM yang ada di Indonesia. Upaya tersebut tentunya sangat membutuhkan kerja sama dari setiap pihak, baik dilihat dari kalangan industri yang ada di tanah air sebagai sebuah wadah untuk menampung para tenaga kerja tersebut.

Tentunya sebagai wadah yang dapat menampung para tenaga kerja tersebut baik masyarakat umum khususnya adalah dalam hal melakukan pemberian keahlian dan pendidikan yang menyesuaikan denan standar yang telah ditetapkan pemerintah. Kesadaran dan semangat untuk terus dapat meningkatkan kualitas diri dan daya saing juga harus diperlukan bagi generasi muda sebagai agen pembangunan.


Baca Juga :