PENGERTIAN KAIN BROKAT

PENGERTIAN KAIN BROKAT

PENGERTIAN KAIN BROKAT

Brukat atau brokat, berasal dari

kata yang sama dari kata brokoli. Yaitu sebuah kata Italia brocato yang berarti kain yang disulam. Sumber lain mengatakan jika brokat berasal dari bahasa lain brocarre yang memiliki arti menusuk atau bahan yang ditusuk. Dengan adanya hal tersebut menunjukkan jika bahan kain brokat ini bisa disamakan dengan Neddle work.

Dengan demikian, maka teknik menenun kain satu ini juga sering disebut dengan tenun sulam. Brokat menghadirkan pola yang rumit seperti bunga-bunga, tanaman serta beberapa unsur alam lainnya. Brokat juga kerap menjadi pelapis bahan utama dalam busana. Tektur dari bahan satu ini keras serta gatal manakala tersentuh kulit. Oleh karenanya, maka harus ada bahan pelapis pada bagian dalam brokat agar bisa memberi kesan nyaman bagi pemakainya.

Sudah berabad-abad, bahan satu ini menjadi pilihan tepat digunakan untuk busana formal, terlebih di Indonesia digunakan sebagai bahan untuk busana kebaya. Bahann satu ini juga menjadi pilihan populer, ketika membuat busana pengantin khususnya untuk desain mewah kas Victoria.

Pada dasarnya, jenis kain ini sangat ideal manakala digunakan oleh pemakainya menginginkan busana yang elegan serta Sophiciated. Sehingga mampu menarik perhatian bagi pemakainya. Sekarang ini, jenis kain brokat banyak dipakai oleh negara-negara Asia untuk acara adat, pesta hingga pernikahan. Nanya pun juga sangat pesat.

Selain itu, hadir banyak sekali beragam ide serta kreativitas dari para desainer dalam membuat atau mengaplikasikan brokat. Bahan brokat mempengaruhi kebaya serta batik yang saat ini mudah ditemukan dengan beragam corak yang cukup indah dan menawan.


Sumber: https://obatkuatpria.id/rival-gears-apk/