Globalisasi Ekonomi dan Perekonomian Indonesia

 Globalisasi Ekonomi dan Perekonomian Indonesia

Perekonomian dunia mengalami perubahan sejak dasarwarsa tujuh puluh hingga tahun 2000 an yang bersifat mendasar atau struktural serta mempunyai kecenderungan jangka panjang dan konjungtural. Perubahan dan perkembangan ini dikenal orang dengan istilah globalisasi.

            Gejala globalisasi terjadi pada kegiatan finansial,produksi,investasi perdagangan yang kelak berpengaruh pada hubungan antar bangsa dan hubungan antar individu dalam segala aspek kehidupan. Hubungan antar bangsa menjadi lebih saling tergantung yang bahkan menjadikan ekonomi dunia menjadi satu sehingga seolah-olah batas antar negara dalam kegiatan perdagangan,bisnis tidak ada lagi.( boarderless world).

Pada umumnya negara di dunia menghadapi perkembangan tersebut dengan melakukan langkah penyesuaian baik dalam wilayah regional maupun masing individu negara yang kecenderungannya mengarah kepada proteklionisme. Hal tersebut terlihat jelas dengan munculnya blok blok perdagangan yang pada intinya justru melanggar kesepakatan yang di tuangkan dalam WTO.

            Globalisasi ekonomi ditandai dengan makin menipisnya batas-batas investasi atau pasar secara nasional,regional ataupun internasional. Hal ini disebabkan oleh :

  1. Komunikasi dan transportasi yang semakin canggih,
  2. Lalu lintas devisa yang makin bebas,
  3. Ekonomi negara yang makin terbuka,
  4. Penggunaan secara keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif tiap-tiap negara,
  5. Metode produksi dan perakitan dengan organisasi yang makin efisien,
  6. Semakin pesatnya perkembangan perusahaan multinasional (MNC) di hampir segala penjuru dunia.

Steiner ( 1997 ) menjelaskan bahwa ada tiga faktor yang mendorong terjadinya perubahan global. Pertama,produk nasional kotor (GNP) tumbuh dan meningkat dengan cepat,terutama di negara-negara maju. Kedua,revolusi dalam tekonologi komunikasi. Ketiga,kekuatan-kekuatan yang mempermudah munculnya perusahaan besar berskala global.

  1. Kebijakan Perdagangan Era Globalisasi Ekonomi

                  Kebijakan perdagangan dalam periode memasuki era lepas landas diarahkan pada penciptaan dan pemantapan kerangka landas perdagangan yaitu dengan meningkatkan efisiensi perdagangan dalam negri dan perdagangan luar negri dengan tujuan untuk memperlancar arus barang dan jasa,mendorong pembentukan harga yang layak dalam iklim persaingan yang sehat,menunjang usaha peningkatan efisiensi produksi,mengembangkan ekspor,memperluas kesemoatan berusaha dan lapangan kerja,meningkatkan dan memeratakan pendapatan rakyat serta memantapkan stabilitas ekonomi.

sumber :

https://furnituremebeljepara.co.id/skateboard-party-2-apk/