Faktor-Faktor Pendorong Adanya Perdagangan Internasional

Faktor-Faktor Pendorong Adanya Perdagangan Internasional

Setiap negara di penjuru dunia sudah tentu melakuakan ekspor-impor barang ke dan dari negara lain sebagai bagian dari transaksi perdagangan internasional dalam negara tersebut. Adapun faktor-faktor yang mendorong adanya perdagangan internasional adalah sebagai berikut:

  1.          Keanekaragaman Kondisi Produksi

Keanekaragaman kondisi produksi merujuk kepada potensi faktor-faktor produksi yang dimiliki suatu negara. Dengan kata lain, melalui perdagangan, suatu negara dapat memperoleh barang yang tidak dapat dihasilkannya di dalam negeri.

  1. Penghematan Biaya Produksi/Spesialisasi

Perdagangan internasional memungkinkan suatu negara memproduksi barang dalam jumlah besar, sehingga menghasilkan increasing returns to scale atau biaya produksi rata-rata yang semakin menurun ketika jumlah barang yang diproduksi semakin besar.

  1. Perbedaan Selera

Sekalipun kondisi produksi di semua negara adalah sama, namun setiap negara mungkin akan melakukan perdagangan jika selera mereka berbeda.

 

bacac juga :