Sistem Pemerintahan

Sistem Pemerintahan

Pengertian sistem pemerintahan adalah suatu sistem yang berlaku, yang menentukan bagaimana hubungan antar alat perlengkapan negara yang diatur oleh konstitusinya. Oleh karena itu, bentuk pemerintahan sering disebut dengan istilah sistem pemerintahan. Sistem pemerintahan adalah keseluruhan dari susunan atau tatanan yang diatur dari lembaga-lembaga negara yang berkaitan satu sama lain, baik langsung maupun tidak langsung menurut suatu pola untuk mencapai tujuan negara. Ada tiga macam sistem pemerintahan, yakni:
a. Sistem Pemerintahan Parlementer adalah suatu sistem pemerintahan dimana hubungan antara pemegang kekuasaan eksekutif dan parlemen sangat erat. Eksekutif dipimpin oleh seorang perdana menteri yang dibentuk oleh parlemen yang mayoritasnya dari partai atau organisasi tertentu. Perdana menteri jatuh apabila tidak mendapat dari parlemen, sebaliknya kepala negara dapat membubarkan parlemen atas permintaan atas permintaan perdana menteri yang kemudian diganti dengan parlemen baru yang dibentuk melalui suatu pemilu.
b. Sistem Pemerintahan Presidensiil, yakni sistem pemerintah yang memisahkan secara tegas badan legislatif, badan eksekutif, dan badan yudikatif. Presiden bertindak sebagai kepala negara sekaligus kepala eksekutif. Presiden tidak dipilih oleh parlemen maka ia tidak bertanggung jawab kepadanya. Presiden dan kabinetnya tidak dapat membubarkan parlemen. Kedua lembaga ini melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan konstitusi, dan masa jabatannya berakhir sesuai dengan ketentuan dalam konstitusi itu pula.
c. Sistem pemerintahan dengan pengawasan langsung oleh rakyat terhadap badan legislatif. Dalam sistem pemerintahan ini parlemen tunduk kepada kontrol langsung dari rakyat. Kontrol tersebut dilaksnakan dengan cara sebagai berikut:
1. Referendum, yaitu kegiatan politik dilakukan oleh rakyat untuk memberikan keputusan setuju atau tidak setuju terhadap kebijaksanaan yang ditempuh pemerintah.
2. Usul inisiatif rakyat, yaitu hak rakyat untuk mengajukan suatu rancangan undang-undang kepada parlemen dan pemerintah.
sumber :