Analisis Biaya – Manfaat Rekrutmen

Analisis Biaya – Manfaat Rekrutmen

            Untuk mencapai analisis biaya-manfaat program rekrutmen, beberapa estimasi perlu dilakukan. Biaya kedua jenis kesalahan yang dapat terjadi dalam proses rekrutmen haruslah diperhitungkan. Biaya aktual, mencakup biaya iklan lowongan kerja, menelaah lamaran, mewawancarai pelamar dan menguji sekelompok besar pelamar. Selain itu, meliputi pula biaya orientasi dan pelatihan pelamar karena keputusan kesan positif yang salah haruslah dimasukkan.Biaya penggunaan alternative saluran rekrutmen yang lainnya perlu juga dimasukkan.Singkatnya, analisis biaya merupakan pertimbangan yang terpenting dalam menentukan kapan, dimana dan bagaimana perekrutan karyawan.

            Biaya bruto per pengangkatan dapat dihitung dengan mambagi Jumlah Biaya Rekrutmen (JBR) dengan Jumlah individu yang diangkat (JID) :

Biaya bruto per pengangkatan (hire)    =

            Pada hakekatnya, perusahaan harus membuat sebuah analisis biaya-manfaat untuk menimbang-nimbang alternative perekrutan lebih banyak pelamar yang akan melambungkan biaya rekrutmen terhadap biaya perekrutann lebih sedikit pelamar dengan kemungkinan tidak akan menemukan calon karyawan yang sukses.

4)      Saluran Rekrutmen

Metode-metode penarikan sering disebut sebagai saluran-saluran (channels).Metode penarikan ini adalah cara-cara yang dapat digunakan oleh para pencari tenaga kerja untuk mendapatkan karyawan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan jenis pekerjaan atau jabatan yang dibutuhkan. Berbagai saluran-saluran atau sumber yang dapat digunakan untuk penarikan karyawan adalah :

  • Job Posting (Maklumat Pekerjaan)

Dalam job posting, organisasi mengumumkan kepada karyawannya tentang adanya lowongan kerja melalui pengumuman bulletin, publikasi perusahaan atau surat edaran. Tujuan job posting adalah menyampaikan kepada kalangan karyawan tentang adanya lowongan kerja.Kelebihan utama metode ini adalah memberikan kesempatan yang adil kepada semua karyawan yang memenuhi syarat untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik.

  • Persediaan Keahlian

Perusahaan mencari arsip calon potensial yang cemerlang untuk posisi yang kosong.Calon itu lantas dihubungi adan ditanya apakah mereka ingin melamar posisi kerja yang ditawarkan.Hal ini juga dapat dipakai untuk melengkapi job posting guna memastikan bahwa lowongan diketahui oleh semua pelamar yang memenuhi syarat dan tidak ada satupun yang terlewati.

Sumber :

https://synthesisters.com/google-assistant-kini-bisa-bantu-putar-spotify/