Arsitektur Modern

Arsitektur Modern

Arsitektur kontemporer adalah istilah yang diberikan pada sejumlah bangunan dengan gaya khas yang menekankan pada kesederhanaan bentuk dan menghilangkan segala macam ragam hias. Karakter ini pertama kali muncul sekitar tahun 1900. Pada tahun 1940, gaya ini diperkuat dan diakui sebagai gaya internasional dan menjadi bangunan dominan selama beberapa dekade di abad ke-20 ini.

Sejak 1920, selain menjadi sangat penting dalam gaya bangunan arsitektur modern, ia juga mendapatkan reputasi sebagai arsiteknya. Tiga arsitek kontemporer terbesar saat itu adalah Le Cobusier di Prancis, Mies van der Rohe, dan Walter Gropius di Jerman.

Arsitek Frank Lloyd Wright memiliki pengaruh besar dalam perkembangan arsitektur modern di Eropa. Dengan gedung-gedung bertingkatnya yang tersebar, Wright adalah salah satu dari sekian banyak arsitek yang telah memberikan pengaruh besar dalam dunia arsitektur.

Beberapa pendapat tentang arsitektur modern:

Form follow function (bentuk mengikuti fungsi), digagas oleh pematung Horatio Greenough atau yang lebih dikenal dengan Louis Sullivan.
Less is More, diumumkan oleh arsitek Mies van der Rohe.
Lebih sedikit lebih banyak dan lebih banyak (Lebih sedikit lebih banyak dan lebih banyak hanya ketika lebih banyak itu terlalu banyak), diungkapkan oleh Frank Lloyd Wright.

Dalam arsitektur modern, gaya hidup modern mempengaruhi keinginan akan bangunan yang sederhana, bersih dan fungsional sebagai simbol dari semangat modern. Namun gaya hidup ini hanya dimiliki oleh segelintir orang, terutama mereka yang tinggal di kota besar, dimana kehidupan membutuhkan cara hidup yang lebih cepat, lebih fungsional dan efisien.

desain hunian modern lainnya: tubaguskencanaarsitek.co.id

Villa Le Corbusier Savoy

Fallingwater oleh Frank Lloyd Wright

Rumah Farnsworth, Plano, Illinois
1950