Bagaimana kebijakan mempengaruhi neraca perdagangan

Bagaimana kebijakan mempengaruhi neraca perdagangan

Kebijakan fiscal dalam negri Ekspansi fiscal didalam negeri pada perekonomian terbuka kecil adalah kenaikan belanja pemerintah atau penurunan pajak mengurangi tabungan nasional dan menggeser skedul tabungan ke kiri,dari S1 ke S2. akibatnya adalah devisit perdagangan.Gambar 5.3

Kebijakan fiscal luar negri Kenaikan tingkat bunga dunia akan menigkatkan biaya untuk berutang dan, dengan demikian, mengurangi investasi dalam perekonomian terbuka kecil kita. Karena tidak ada perubahan dalam tabungan domestic, maka tabungan S sekarang melebihi investasi I,dan sebagian tabungan mulai mengalir ke luar negri. Karena NX = S-I, penurunan I juga harus meningkatkan NX. Jadi, mengurangi tabungan luar negri dapat menyebabkan surplus perdagangan didalam negri.

Gambar 5-4

Ekspansi fiscal luar negri dalam perekonomian terbuka kecil

Ekspansi fiscal luar negri dalam perekonomian terbuka kecil adalah ekspansi fiscal dalam perekonomian luar negri yang cukup mampu mempengaruhi tabungan dunia dan investasi dunia meningkatkan tingkat bunga dunia dari r*1,menjadi r*2. Tingkat bunga dunia yang lebih tinngi mengurangi investasi dalam perekonomian terbuka kecil ini, sehingga menyebabkan surplus perdagangan.

Pergeseran dalam permintaan investasi Pergeseran kekanan dalam kurva investasi dari I(r)ke I(r)2 ,meningkatkan jumlah investasi pada tingkat bunga dunia r*, akibatnya investasi melebihi tabungan,yang berarti perekonomian meminjam dari luar negeri dan mengalami deficit perdagangan.

         Gambar 5.5

  1. Mengevaluasi kebijakan ekonomi

Model perekonomian terbuka kita menunjukkan bahwa arus barang dan jasa yang di ukur oleh neraca perdagangan bisa di kaitkan dengan arus dana internasional untuk akumulasi modal. Arus modal keluar neto adalah selisih antara tabungan domestic dan investasi domestic. Jadi, dampak kebijakan ekonomi terhadaap neraca perdagangan selalu bisa ditemukan dengan menelaah dampaknya terhadap tabungan domestic dan investasi domestic. Kebijakan yang meningkatkan investasi atau mengurangi tabungan cenderung menyebabkan deficit perdagangan,dan kebijakan yang menurunkan investasi atau menigkatkan tabungan cenderung menyebabkan surplus perdagangan.

sumber :
https://bernas.co.id/seva-mobil-bekas/