CARA MUDAH TERNAK KURA-KURA / PENYU BRAZIL

CARA MUDAH TERNAK KURA-KURA / PENYU BRAZIL

kura kura ambon

Cara Mudah Ternak Kura-kura / Penyu Brazil

Peluang bisnis yang cukup menjanjikan dengan ternak kura-kura Brazil, pemeliharaan mudah, makanan mudah dan telurnya banayk. Kura-kura
Brazil merupakan binatang air yang suka berjemur pada terik matahari, memiliki warna dasar hijau
yang sangat disukai oleh banyak orang serta memiliki harga jual yang lumayan. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai ternak kura-kura Brazil:

  1. Buat kolam dengan ukuran 2 X 3 meter pada bagian tengah disekat untuk memisahkan air dan pasir. Usahan kura-kura dengan mudah menjagkau pasir, jika perlu bisa diberijembatan agar kura-kura dengan mudah menjangkau pasir. Pasir harus selalu dalam keadaan kering dan tidak pernah terkena air. Untuk kolam yang berada didalam ruangan bisa dipasang 2 bohlam 40 watt diatas pasir yang digunakan untuk tempat bertelur dengan ketinggian 10 cm di atas pasir.
  2. Memilih induk yang baik. Induk kura-kura yang siap bertelur berukuran sebesar piring normal, Umur diatas 2 tahun, gemuk, lincah, sehat, cangkang terlihat bersih.
  3. Pembenihan dan perawatan. Masukkan 2 betina dan 1 jantan dalam 1 kolam. Air harus selalu mengalir kecil jangan terlalu deras agar air tetap tenang dan bersih. Berikan makanan yang sehat dan tidak mengotori kolam seperti kangkung, jangkrik, pelet, dll. Usahan sesuai porsi agar tidak meninggalkan sisa yang dapat mengotori kolam. Setelah beberapa hari kura-kura akan bertelur dibawah lampu, kamu bisa mengecek dengan cara menggali perlahan-lahan pasir dibawah lampu. 1 Induk bisa bertelur 500 biji,  Setelah 20 hari telur akan menetas
  4. Perawatan untuk kura-kura yang baru menetas. Pada hari pertama anak kura-kura belum membutuhkan makanan, setelah hari ke-2 dan seterusnya anak kura-kura bisa disediakan makanan makanan buatan seperti pellet atau kutu air, ikan kecil, dll.

SUMBER : duniapeternakan.com