Definisi Sistem Imun

Definisi Sistem Imun

Imunitas merupakan jawaban reaksi tubuh terhadap bahan asing secara molekuler maupun seluler. Immunitas berasal dari kata latin yaitu immunitas. Secara umum sistem kekebalan tubuh atau sistem imun adalah sistem perlindungan dari pengaruh luar biologis yang dilakukan oleh sel dan organ khusus pada suatu organisme sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Jika sistem imun bekerja dengan benar, sistem ini akan melindungi tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus, serta menghancurkan sel kanker dan zat asing lain dalam tubuh. Sebaliknya, jika sistem imun melemah, maka kemampuannya untuk melindungi tubuh juga berkurang, sehingga menyebabkan patogen, termasuk virus dapat berkembang dalam tubuh. Sistem imun juga memberikan pengawasan terhadap pertumbuhan sel tumor. Terhambatnya mekanisme kerja sistem imun dapat meningkatkan resiko terkena beberapa jenis kanker. Sebagai bahan pemicu respon imun tersebut dikenal dengan antigen dan sebagai jawaban reaksi imun dikenal dengan anribodi.

Respon imun merupakan respon tubuh berupa suatu urutan kejadian yang kompleks terhadap antigen yang bertujuan mengeliminasi antigen tersebut. Respon imun melibatkan berbagai macam sel dan protein, terutama sel makrofag, sel limfosit, komplemen, dan sitokin yang saling berinteraksi secara kompleks.

  1. Pembahasan
  2. Peranan Sistem Imun Bagi Tubuh

Sistem imun sangat berperan penting dalam tubuh manusia untuk mencegah patogen yang dapat menyebabkan penyakit dalam tubuh manusia. Adapun beberapa peranan penting dari sistem imun, yaitu :

  1. melindungi tubuh dari serangan benda asing atau bibit penyakit yang masuk kedalam tubuh;
  2. menghilangkan jaringan sel yang mati atau rusak (debris sel) untuk perbaikan jaringan;
  3. mengenali dan menghilangkan sel yang abnormal yang berpotensi menjadi neoplasma;
  4. menjaga keseimbangan homeostatis dalam tubuh dengan membersihkan sisa – sisa sel dan zat buangan sehingga tipe-tipe sel tetap seragam dan tidak berubah.
  1. Macam – macam Sistem Imun
  2. Berdasarkan Cara Mempertahankan Diri dari Penyakit

1)      Sistem Pertahanan Tubuh Non Spesifik atau Inate Immunity

Sistem Pertahanan Tubuh Non Spesifik merupakan pertahanan tubuh yang tidak membedakan mikrobia patogen satu dengan yang lainnya. Dapat mendeteksi adanya benda asing dan melindungi tubuh dari kerusakan, namun tidak dapat mengenali benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Sistem imun ini telah ada dalam tubuh sejak dilahirkan. Adapun ciri-cirinya yaitu  :

  1. a)tidak selektif;
  2. b)tidak mampu mengingat infeksi yang terjadi sebelumnya;
  3. c)respon segera bereaksi begitu hospes mengenali adanya serangan mikroorganisme;
  4. d)memiliki komponen yang mampu menangkal benda untuk masuk ke dalam tubuh.

Sistem pertahanan ini diperoleh melalui beberapa cara, yaitu :

(1)   Pertahanan yang Terdapat di Permukaan Tubuh

(a)    Pertahanan Fisik

Pertahanan secara fisik dilakukan oleh lapisan terluar tubuh, yaitu kulit dan membran mukosa, yang berfungsi menghalangi jalan masuknya patogen ke dalam tubuh.

(b)   Pertahanan Mekanis

Pertahanan secara mekanis dilakukan oleh rambut hidung dan silia pada trakea. Rambut hidung berfungsi menyaring udara yang dihirup dari berbagai partikel berbahaya dan mikrobia. Sedangkan silia berfungsi menyapu partikel berbahaya yang terperangkap dalam lendir untuk kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh.

sumber :

https://poekickstarter.com/ocean-survival-3d-apk/