Fadilah Membaca Al-qur’an

Fadilah Membaca Al-qur’an

Fadilah Membaca Al-qur’an

Definisi Al-Qur’an

Dengan adanya definisi al-qur’an yang seperti tentu Allah memberikan pahala (keutamaan) bagi orang senantiasa terus-menerus dalam kehidupan sehari-harinya di isi dengan memabaca al-qur’an. Diantara fadilah-fadilah yang akan didapatkan dalam membaca al-qur’an diantaranya sebagai berikut:

Fadilah-Fadilah Al-Qur’an

1. Orang yang mengajarkan al-qur’an pada anaknya di masa kecil dan terus membaca sampai masa tuanya maka akan mendapatkan perlindungan arasy dari Allah pada hari kiamat.

2. Tanda-tanda cinta allah kepada seorang manusia adalah Allah memberikan kemauan kepada hati manusia tersebut dalam membaca al-qur’an.

3. Seseorang yang benar-benar sibuk menghabiskan waktunya untuk membaca, menghapal dan memaham isi al-qur’an maka Allah akan memberikan dia keahlian yang sulit disamai oleh orang lain.

4. Orang yang beriman pada al-quran serta mengamalkannya, maka Allah akan mengangkat derajatnya dan memberikan kemuliaan di dunia dan akhirat.

5. Barang siapa yang bersungguh-sungguh dalam menghapal al-qur’an tapi tidak mampu, namun terus menerus membacanya, maka Allah akan membangkitkan di hari kiamat bergabung bersama golongan yang hafidz al-qur’an.

6. Barang yang siapa yang menghormati, menunaikan hak-hak, dan mengamalkan al-qur’an maka al-qur’an akan melakukan pembelaan dihadapan allah dan menaikkan derajatnya.

7. Barang siapa yang membaca al-qur’an dan mengamalkan apa yang ada didalamnya, maka pada hari kiamat dia dan kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota yang cahayanya lebih terang dari matahari, dan dipakaikan pakaian yang sangat mewah yang sulit ditandingi kemewahannya.

8. Barang siapa yang membaca dan menghapal al-qur’an serta menghalalkan apa yang dihalalkan al-qur’an dan mengharamkan apa yang diharamkan al-qur’a, maka Allah akan memasukkannya ke dalam syurga dan menjaminnya untuk dapat memberi syafaat kepada sepuluh orang ahli keluarganya kecuali keluarganya yang kafir.

9. Banyak membaca al-qur’an dapat menguatkan ingatan, membersihkan bathin, menguatkan rohani, dan mewangikan mulut.

10. Barang siapa yang mengajarkan anaknya membaca al-qur’an, maka akan diampuni dosa-dosa yang dia lakukan yang tanpa disengaja.

11. Membaca satu hurup dalam al-qur’an mengimbangi terhadap sepuluh kebaikan.

12. Barang siapa yang mendengarkan al-qur’an maka akan diberikan pahala satu kebaikan, dan orang yang membacanya akan diberikan nur dari Allah SWT.

13. Apabila satu keluarga atau kampung yang semuanya giat membaca, belajar dan memahami al-qur’an maka golongan tersebut akan dipenuhi rahmat dan diberi ketenangan.

14. Rumah yang senantiasa diisi dengan lantunan bacaan al-qur’an maka rumah tersebut akan dipenuhi berkah dan malaikat pun turun untuk membawa rahmat, dan sebaliknya rumah yang tidak di isi dengan lantunan al-qur’an maka akan dipenuhi dengan keributan dan jauh dari rahmat Allah SWT.

15. Membaca al-qur’an merupakan simpanan yang kita bisa ambil hikmahnya di akhirat.

16. Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang belajar al-qur’an dan mengamalkannya.

17. Tidak ada derajat yang paling tinggi ketimbang orang yang membaca al-qur’an.

18. Dengan membaca al-qur’an akan semakin mengingat maut dan dapat menimbulkan rasa ma’rifat kepada Allah SWT.

19. Membaca al-qur’an dapat menjadikan hati kita senantiasa menghadap kepada Allah dan selalu ingat kepada Allah SWT.

20. Penolong yang paling utama ketika di alam akhirat adalah al-qur’an.

Jadi banyak sekali manfaat atau fadilah dari kita membaca al-qur’an dan senantiasa mengamalkannya. Oleh karena itu, kita harus bisa memanfaatkan waktu sisa hidup ini dengan lebih giat dalam membaca al-qur’an sebagai bekal kita dalam mengarungi sidang dalam hari pembalasan (hari akhirat).

Baca Juga: