Jenis Memori dalam Komputer

  Jenis Memori dalam Komputer

Memori dalam komputer dibagi dalam dua bagian yaitu :

  1. Memori Utama
  2. Memori cadangan

I.1 Memori Utama (Main Memory)

Merupakan elemen yang penting dari suatu komputer yang digunakan sebagai penyangga data dan instruksi program untuk digunakan oleh prosesor.

Fasilitas Penyimpanan Utama adalah :

  1. operasinya secara keseluruhan bersifat elektronis, operasi sangat cepat dan handal.
  2. Data hampir bisa diakses secara sekaligus dari memori utama karena operasinya elektronis dan proksimitasnya mendekati prosesor
  3. Data harus ditransfer ke pntimpan utama sebelum dapat diproses oleh prosesor

Penyimpan utama digunakan untuk meyimpan semua data yang memrlukan pemrosessan guna mencapai kecepatan pemrosesan yang maksimum ini disebut memori jangka pendek.

Penyimpanan utama dapat menyimpan :

  1. instruksi yang menunggu dipatuhi
  2. instruksi yang saat itu sedang dipatuhi
  3. data yang saat itu sedang diproses
  4. data yang menunggu pemrosesan
  5. data yang sedang menunggu dikeluarkan (output)

Akses Random (direct access)

Proses menjemput data dari lokasi dalam penyimpanan utama dengan urutan acak dan lama waktu yang diperlukan tidak tergantung pada posisi dari lokasi tersebut . Lihat gambar berikut :



Gambar Lokasi dalam Penyinpanan Utama

Satuan Unit Data

  1. Word adalah lokasi dalam penyimpanan utama atau penyangga unit data.  Pembagian word dapat berdasarkan Fixed Word-length computer (word machine) dan Variabel word – length computer.  Pada Fixed Word-length computer (word machine) dimana satu word adalah satu lokasi dalam penyimpanan utama, yakni data ditransfer ke satu lokasi dalam penyimpanan utama setiap kali, word length adalah jumlah bit dalam setiap lokasi (word). Pada Variabel word – length computer satu word memiliki panjang satu lokasi atau beberapa lokasi dan di set (ditetapkan panjangnya) menurut panjang yang diperlukan pada setiap transfer data. Jenis word lengtha adalah byte dan character machine, dimana dalam byte setiap lokasi mempunyai 8 bit dan pada character machine setiap lokasi mempunyai panjang 16 bit.
  2. Byte adalah unit-unit yang lebih kecil dari word

Berikut contoh beberapa cara penyimpanan data pada bebrapa jenis komputer :

  1. Komputer 8 bit mikrokomputer

Mempunyai word length sebesar 8 bit untuk menyangga satu karakter ASCII, satu karakter BCD, satu karakter EBCDIC, atau dua nilai numeric BCD

  1. Komputer 16 bit

Satu lokasi penyimpanan dapat menyangga dua karakter dan mempuyai fasilitas untuk mengakses setengah bagian kanan dan bagian kiri dari setiap word secara terpisah guna menangani karakter secara terpisah.

  1. Komputer 32 bit

Mempunyai keragaman cara untuk mengakses semua atau sebagian dari setiap lokasi memori

 

https://mitranet.co.id/drawrace-3-apk/