Manfaat Dan Kandungan Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Kandungan Wortel Bagi KesehatanManfaat Dan Kandungan Wortel Bagi Kesehatan

Wortel merupakan sayuran yang terkenal dengan kandungan gizinya. Wortel sayuran yang banyak digemari anak anak karena tekstur dan warnanya serta rasanya yang sedikit manis. Wortel dapat diolah ke dalam berbagai macam bentuk, misalnya jus, makanan ringan, hingga dimasak bersamaan dengan sayuran lainnya. Banyak sekali manfaat dan kandungan wortel bagi kesehatan tubuh.

Sekilas mengenai manfaat dan kandungan wortel

Wortel dengan nama ilmiah Daucus carota ini berwarna orange dan tumbuh liar di daerah subtropis di kawasan Asia tengah dan pertama kalinya ditemukan sejak 6.500 tahun lalu kemudian penyebarannya sampai di indonesia saat ini. Wortel dapat dibudidayakan dengan menanam umbi dan akarnya dengan siklus hidup antara 1 hingga 2 tahun. Bentuk umbinya menyerupai tanduk dengan kandungan dan manfaat wortel yang mengandung lebih dari 80 nutrisi seperti beta karoten, vitamin A, B kompleks, Vitamin C , kalsium dan lain-lain. Satu cangkir (122.00 gram) wortel mentah mengandung 52.46 kalori. Umbi wortel dapat dimanfaatkan sebagai bahan kosmetika dan pengobatan serta sebagai bahan makanan sehari-hari.

Kandungan yang terdapat pada wortel

Nilai Kandungan gizi Wortel per 100 g (3.5 oz)
Energi 173 kJ (41 kcal)
Karbohidrat 9 g
Gula 5 g
Diet serat 3 g
Lemak 0,2 g
Protein 1 g
Vitamin A equiv. 835 mg (93%)
Beta-karoten 8285 mg (77%)
Thiamine (Vit. B1) 0.04 mg (3%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,05 mg (3%)
Niacin (Vit. B3) 1.2 mg (8%)
Vitamin B6 0,1 mg (8%)
Folat (Vit. B9) 19 mg (5%)
Vitamin C 7 mg (12%)
Kalsium 33 mg (3%)
Besi 0,66 mg (5%)
Magnesium 18 mg (5%)
Fosfor 35 mg (5%)
Kalium 240 mg (5%)
Sodium 2,4 mg (0%)
Manfaat dan khasiat wortel :

1.Mencegah Penyakit kanker. Kandungan falcarinol yang terdapat di dalam wortel ini merupakan senyawa yang mampu mencegah penyakit kanker sekaligus sebagai senyawa anti kanker.

2.Dapat Menyehatkan Kulit. Vitamin A yang terdapat di dalam buah wortel ini mampu menyehatkan dan mencerahkan kulit anda. Selain itu, wortel juga mampu menghilangkan bercak hitam atau yang biasa disebut dengan flek hitam pada wajah.

3.Menjaga Kesehatan Mata. Wortel sudah sangat terkenal dapat menjaga kesehatan mata, vitamin A yang terkandung dalam wortel inilah yang sangat baik untuk kesehatan mata.

4.Membuat Awet Muda. Beta karoten yang terdapat pada buah wortel ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh kita untuk melawan pengaruh negatif dari radikal bebas. Untuk itu wortel sangat baik dikonsumsi agar terhindar dari beberapa penyakit.

5.Mampu Mencegah Stroke. Ada sebuah penelitian terbukti bahwa wortel mampu menurunkan resiko terserang penyakit stroke. Cukup hanya dengan mengkonsumsi wortel sebanyak 6 buah setiap hari. Bagi yang jarang mengkonsumsi wortel, mungkin ini akan berat.

6.Wortel juga bermanfaat untuk menurunkan kloesterol, minum air parutan/jus wortel kemudian minum rutin setiap hari. Untuk menurunkan kolesterol, konsumsi air wortel ini pun harus rutin.

7.Mencegah Penyakit Jantung, karena wortel sangat bermanfaat untuk menurunan kolesterol, maka wortel juga dapat mencegah penyakit jantung.

Banyak sekali manfaat dan kandungan yang terdapat pada wortel, maka dari itu konsumsi segera wortel secara rutin dan rasakan manfaat serta khasiatnya bagi kesehatan tubuh anda. Semoga bermanfaat.

 

 

Sumber: https://rajasatour.id/google-drive-untuk-pc-akan-ditutup-pada-maret-2018/