Pengertian Intellegensi Quotien IQ

Pengertian Intellegensi Quotien IQ

Menurut David Wechslerintellegensi adalah kemampuan untuk bertindak secara terarah,  berfikir secara rasional, dan memahami lngkungannya secara efektif. Secara garis besar dapat kita simpulkan bahwa intellegensi adalah sebuah kemampuan mental yang melibatkan proses berfikir secara rasional. Oleh karena itu, intellegensi tidak bisa diamati secara langsung melainkan harus disimpulkan dari berbagai tindakan nyata yang merupakan manifestasi dari proses berfikir rasional itu. Sedangkan IQ singkatan dari (Intelligence Quotient) adalah skor yang diperoleh dari sebuah alat test kecerdasan. Dengan demikian, IQ hanya memberikan sedikit indikasi mengenai taraf kecerdasan seseorang dan tidak menggambarkan kecerdasan seseorang secara keseluruhan.

Inti dari kecerdasan ini ialah aktifitas otak, Kecerdasan ini terletak pada otak bagian cortex (Kulit Otak), dimana kecerdasan inilah yang memberikan kita kemampuan berhitung, beranalogi, berimajinasi dan memiliki daya kreasi serta inovasi. Atau lebih tepatnya diungkapkan oleh para psikologis dengan “What I Think”. Menurut penelitian, IQ atau daya tangkap seseorang dapat di tentukan sejak anak usia 3 tahun, daya tangkap sangat dipengaruhi oleh keturunan (genetic) yang dibawanya dari keluarga ayah dan ibu disamping factor gizi makanan yang cukup.

IQ atau daya tangkap ini dianggap tidak akan berubah sampai dewasa, kecuali bila ada sebab kemunduran fungsi otak seperti penuaan dan kecelakaan. IQ yang tinggi memudahkan seseorang belajar dan memahami berbagai bidang ilmu.

Rumus kecerdasan umum yang di tetapkan oleh para ilmuwan adalah:

Usia mental anak   X 100 = IQ

            Usia sesungguhnya

Contoh : Misal anak pada usia 3 tahun telah punya kecerdasan

Sumber :

https://rakyatlampung.co.id/apple-turunkan-pesanan-komponen-iphone-x/