Pengertian Perilaku Dalam Organisasi

Pengertian Perilaku Dalam Organisasi

Pengertian Perilaku Dalam Organisasi

Perilaku organisasi berkaitan dengan bagaimana orang bertindak dan bereaksi dalam semua jenis organisasi. Dalam kehidupan organisasi, orang dipekerjakan, dididik dan dilatih, diberi informasi, dilindungi, dan dikembangkan. Dengan kata lain, maka perilaku organisasi adalah bagaimana orang berperilaku di dalam suatu organisasi.

Prilaku organisasi adalah suatu studi yang menyangkut aspek-aspek tingkah laku manusia dalam suatu kelompok tertentu. Hal ini meliputi aspek yang ditimbulkan oleh pengaruh organisasi terhadap manusia demikian pula aspek yang ditimbulkan dari pengaruh manusia terhadap organisasi. Tujuan praktis dari penelaan studi ini adalah untuk mendeterminasi bagaimanakah perilaku manusia itu mempengaruhi usaha pencapaian tujuan-tujuan organisasi.

       Perilaku organisasi merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang interaksi antar manusia dalam organisasi yang meliputi studi secara sistematis tentang prilaku, struktur dan proses dalam organisasi. Isu utama prilaku organisasi adalahhubungan antar manusia dalam organisasi dan organisasi diciptakan oleh manusia untuk mencapai suatu tujuan.

       Selain itu, perilaku organisasi merupakan bidang studi yang mencakup teori, metode dan prinsip-prinsip dari berbagai disiplin guna mempelajari persepsi individu dan tindakan-tindakan saat bekerja dalam kelompok dan didalam organisasi secara keseluruhan., menganalisis akibat lingkungan eksternal terhadap organisasi dan sumber dayanya, misi, sasaran, dan strategi.Dapat pula dikatakan bahwa prilaku organisasi adalah suatu bidang studi yang menyelidiki dampak perorangan, klompok dan struktur pada prilaku dalam organisasi dengan maksud menerapkan pengetahuan semacam itu untuk memperbaiki efektifitas organisasi. Dalam perilaku organisasi juga merupakan suatu cara berfikir, suatu cara untuk memahami persoalan-persoalan dan menjelaskan secara nyata hasil-hasil penemuan berikut tindakan-tindakan pemecahan masalah. Perilaku organisasi dapat pula dirumuskan sebagai suatu sistem studi dari sifat organisasi seperti misalnya bagaimana organisasi dimulai, tumbuh, dan berkembang serta bagaimana pengaruhnya terhadap anggota sebagai individu, klompok pemilik, organisasi lainnya, dan istitusi-istitusi lainnya yang lebih besar.

       Secara formal studi mengenai perilaku organisasi dimulai sekitar tahun 1948-1952. Prilaku sebagai suatu ilmu pengetahuan yang terus berkembang guna membantu suatu organisasi untuk meningkatkan produktifitasnya.

       Mempelajari perilaku organisasi sifatnya agak abstrak. Mempelajari prilaku organisasi sering kali menghasilkan atau menemui prinsip-prinsip yang kompleks dimana penjelasan atau analisanya bersifat situasional. Pengertian prilakun organisasi untuk multi disiplin dapat digambarkan dengan beberapa hal, yaitu :

Pertama     :Perilaku organisasi adalah cara berfikir, prilaku adalah aktifitas yang ada pada diri individu, kelompok, dan tingkat organisasi.

Kedua         :Perilaku organisasi adalah multi disiplin yang mencakup teori, metode dan prinsip-prinsip dari berbagai disiplin ilmu.

Ketiga         :Dalam perilaku organisasi terdapat suatu orientasi kemanusiaan, dimana terdapat perilaku, persepsi, perasaan, dan kapasitas pembelajar.

Keempat     :Perilaku organisasi berorientasi pada kinerja, tujuan organisasi adalah meningkatkan produktifitas bagaimana perilaku organisasi ini dapat mencapai tujuan tersebut.

Kelima       :Lingkungan eksternal sangat memberikan pengaruh terhadap perilaku organisasi.

Keenam      :Untuk mempelajari perilaku organisasi ini perlu menggunakan metode ilmiah, karena dalam bidang organisasi ini sangat tergantung dari disiplin ilmu yang meliputinya.

baca juga  :