Persyaratan Pelaksanaan Proses Pembelajaran

Persyaratan Pelaksanaan Proses Pembelajaran

 

1)      Alokasi Waktu Jam Tatap Muka Pembelajaran

  1. a)SD/MI         : 35 menit
  2. b)SMP/MTs    : 40 menit
  3. c)SMA/MA    : 45 menit
  4. d)SMK/MAK : 45 menit

2)      Buku Teks Pelajaran

Buku teks pelajaran digunakan untuk meningkatan efisiensi dan efektivitas yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.

3)      Pengelolaan Kelas

  1. a)Guru menyesuaikan pengaturan tempat duduk peserta didik sesuai dengan tujuan dan karakteristik proses pembelajaran.
  2. b)Volume dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar dengan baik oleh peserta didik.
  3. c)Guru wajib menggunakan kata – kata  santun, lugas dan mudah dimengerti oleh peserta didik.
  4. d)Guru menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar peserta didik.
  5. e)Guru menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, dan keselamatan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran.
  6. f)Guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung.
  7. g)Guru mendorong dan menghargai peserta didik untuk bertanya dan mengemukakan pendapat.
  8. h)Guru berpakaian sopan, bersih, dan rapi.
  9. i)Pada tiap awal semester, guru menjelaskan kepada peserta didik silabus mata pelajaran; dan
  10. j)Guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.
  11. Pelaksanaan Pembelajaran

Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP, meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.

1)      Kegiatan Pendahuluan

Dalam kegiatan pendahuluan, guru:

  1. a)menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
  2. b)memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional;
  3. c)mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
  4. d)menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
  5. e)menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai

2)      Kegiatan Inti

Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Pemilihan pendekatan tematik dan/atau tematik terpadu dan/atau saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project basedlearning) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan.

sumber :

https://situsiphone.com/gb-whatsapp-apk/