Psikologi Perkembangan Masa Kanak-Kanak Awal

Psikologi Perkembangan Masa Kanak-Kanak Awal

Perkembangan Fisik

  1. a)Tinggi

Pertumbuhan tinggi badan tiap tahunnya rata-rata tiga inci. Pada usia enam tahun tinggi anak rata-rata 46,6 inci.

  1. b)Berat

Pertambahan berat tiap tahunnya rata-rata tiga sampai lima pon. Pada usia enam tahun berat anak harus kurang lebih tujuh kali berat pada waktu lahir. Anak perempuan rata-rata beratnyan 48,5  pon, dan anak laki-laki 49 pon.

  1. c)Perbandingan Tubuh

Penampilan bayi tidak tampak lagi. Wajah tetap kecil tapi dagu tampak lebih jelas dan leher lebih memanjang. Gumpalan pada bagian-bagian  tubuh berangsur-angsur berkurang dan tubuh cenderung berbentuk kerucut , dengan perut yang rata, dada yang lebih bidang, bahu lebih luas, serta lengan dan kaki lebih panjang, lurus dan besar.

  1. d)Postur Tubuh

Perbedaan dalam postur tubuh untuk pertama kalinya tampak jelas pada masa anak-anak. Ada yang posturnya gemuk lembek (endomorfik), ada yang kuat berotot (mesomorfik), dan ada yang relatif kurus (ektomorfik).

  1. e)Tulang dan Otot

Tingkat pengerasan otot bervariasi pada bagian-bagian tubuh mengikuti hukum perkembangan arah. Otot menjadi lebih besar, lebih kuat dan lebih berat, sehingga anak terlihat lebih kurus meskipun beratnya bertambah.

  1. f) Lemak

Anak-anak yang cenderung bertubuh endromofik lebih banyak jaringan lemaknya daripada jaringan otot; yang cenderung mesomorfik mempunyai jaringan otot yang lebih banyak daripada jaringan lemak; dan yang bertubuh enktomorfik mempunyai otot yang lebih kecil dan ssedikit jaringan lemak

  1. g)Gigi

Selama empat sampai enam bulan pertama dari masa awal kanak-kanak, empat gigi bayi yang terakhir-geraham belakang-muncul. Selama setengah tahun terakhir terakhir gigi bayi mulai tanggal digantikan oleh gigi tetap. Yang mula-mula lepas adalah gigi bayi yang pertama kali tumbuh yaitu gigi seri tengah. Bila masa awal kanak-kanak  berakhir, pada umumnya bayi memiliki satu atau dua gigi tetap di depan dan beberapa celah dimana gigi tetap akan muncul.

baca juga :