Seleksi Kompetensi Bidang ( SKB ) CPNS KPU

Seleksi Kompetensi Bidang ( SKB ) CPNS KPU

Bagi Karyawan
Setelah selesai SKD, saat yang ditunggu yaitu pengumuman yang berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang ( SKB ). Peserta yang berhak mengikuti SKB, adalah peserta yang memenuhi passing grade, serta maksimal masuk peringkat 3 kali formasi. Penetapan peserta setelah di verifikasi dan validasi serta sinkronisasi data  oleh panitia Instansi dan Panselnas ( BKN ).

Akhirnya nama-nama yang berhak ikut ujian SKB rilis. Tahun 2018, ujian SKB dilaksanakan di Kanreg BKN. Beberapa peserta ada yang ujian SKBnya berbeda dengan ketika ujian SKD. Contohnya : NTT, NTB, Bali mereka ujian SKB di Denpasar- Bali, Maluku dan Maluku Utara ujian di Ambon Maluku.

Tahun 2018 SKB Ada di 14 Provinsi :

1. Aceh ( Universitas Abulyatama )

2. Sumatera Utara ( Kanreg VI BKN Medan )

3. Riau ( Kanreg XII BKN Pekanbaru )

4. Sumatera Selatan ( Kanreg VII BKN Palembang )

5. DKI Jakarta ( BKN Pusat Jakarta )

6. D.I Yogyakarta ( Graha Saba Pramana UGM )

7. Bali ( Kanreg XI Denpasar )

8. Kalimantan Selatan ( Kanreg VIII BKN Banjarmasin )

9. Sulawesi Selatan ( Kanreg IV BKN Makassar )

10. Maluku ( UPT BKN Ambon )

11. Papua ( Kanreg IX BKN Jayapura )

12. Papua Barat ( UPT BKN Sorong )

13. Jawa Timur ( Kanreg II BKN Surabaya )

14. Sulawesi Utara ( Kanreg XI BKN Manado )

Ujian dilakukan dalam sehari.

Seleksi kompetensi bidang dibagi menjadi dua sesi :

1. Sesi Pertama Seleksi Sesuai Bidang
Jumlah soal ada 100 dengan waktu 90 menit. Semua menggunakan CAT. Formasi Pranata Pemilu, soal yang keluar : sebagian besar dari UU Pemilu UU No 7 Tahun 2017 ( Tahapan, Bawaslu, DKPP, GAKKUMDU, Pelaporan Dana Kampanye, Masa Tenang, Pelanggaran Pemilu, Coklit dan istilah-istilah Pemilu lainnya ), UUD 1945, Tata Kerja Sekretariat dan Kewenangannya, PKPU ( Bisa cari di jdih.kpu.go.id ). Berhubung aku belum pernah terlibat kepemiluan dan belum tahu istilah-istilah di KPU, maka sudah bisa diprediksi nilainya mengecewakan. Apalagi ada soal sebab akibat yang bikin mual. Tak terasa waktu pun habis dan lanjut ke sesi selanjutnya.