Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen

            Sistem informasi adalah kumpulan dari subsistem, baik fisik maupun non-fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai suatu tujuan, yaitu mengolah data menjadi informasi yang berguna. Sistem informasi mempunyai tugas untuk menyiapkan informasi bagi kepentingan organisasi dalam rangka menjalankan operasional organisasi, manajemen, dan pengambilan keputusan.

Pengertian sistem informasi menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut.

  1. a)Robert A. leitch dan K. roscoe Davis

Sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasional organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak-pihak lain dengan laporan-laporan yang diperlukan.

  1. b)Gordon B. davis

Sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem manusia atau mesin yang terpadu (integrated) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasional, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.

  1. c)Azhar susanto

Sistem infpormasi manajemen adalah kumpulan dari subsistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan, yaitu mengolah data menjadi informasi yang diperlukan oleh manajemen dalam proses pengambilan keputusan saat melaksanakan fungsinya.

Menurut Rusdiana (2014) dalam bukunya yang berjudul sistem informasi manajemen, komponen dalam sistem informasi manajemen dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

1)      Komponen sistem informasi manajemen secara fungsional

Komponen ini merupakan seluruh komponen yang berhubungan dengan teknik pengumpulan data, pengolahan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi yang dibutuhkan untuk manajemen. Komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Sistem administrasi dan operasional

Sistem ini melaksanakan kegiatan rutin, seperti bagian personalia, administrasi, dan sebagainya yang telah ditentukan prosedurnya.

  1. Sistem pelaporan manajemen sistem

Sistem ini berfungsi membuat dan menyampaikan laporan yang bersifat periodik kepada pengambil kebijakan.

  1. Sistem database

Sistem ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi. Database cenderung berkembang sejalan dengan berkembangnya organisasi sehingga interaksi antar unit akan bertambah besar dan berakibat bertambah besar pula kebutuhan akan informasi.

  1. Sistem pencarian

Sistem ini berfungsi memberikan data atau infrmasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan permintaan.

  1. Manajemen data

Sistem ini berfungsi sebagai media penghubung antara komponen sistem informasi dengan database dan antara tiap-tiap komponen sistem informasi.

baca uga :