TABUNGAN DAN INVESTASI DALAM PEREKONOMIAN TERBUKA KECIL

TABUNGAN DAN INVESTASI DALAM PEREKONOMIAN TERBUKA KECIL

  1. Mobilitas modal dan tingkat bunga dunia

Kasus sederhana dari sebuah perekonomian terbuka kecil (small open economy) dengan mobilitas modal sempurna. Yang kita maksud dengan “kecil” adalah perekonomian ini adalah bagian kecil dari pasar dunia dan, dengan sendirinya, tidak memiliki dampak yang berarti terhadap tingkat bunga dunia. Dengan” mobilitas modal sempurna” kita mengartikan bahwa penduduk Negara itu memiliki akses penuh kepasar uang dunia.

Karena asumsi mobilitas modal sempurna tersebut, tingkat bunga dalam perekonomian terbuka kecil kita, r, harus sama dengan tingkat bunga dunia (world interest rate), r*, yaitu tingkat bunga riil yang berlaku di pasar uang dunia:

r = r*.

  1. Mengapa mengasumsikan perekonomian terbuka kecil?

Asumsi ini banyak menimbulkan beberapa pertanyaan.

T : apakah asumsi perekonomian terbuka kecil dapat dengan baik menggambarkan AS?

J : tidak, tentu saja tidak. Setidaknya secara lengkap. AS meminjam dan meminjamkan dana di pasar uang dunia, dan pasar tersebut mempunyai pengaruh yang kuat terhadap tingkat bunga riil AS, namun akan berlebihan jika mengatakan bahwa tingkat bunga riil AS hanya di tentukan oleh pasar uang dunia.

T: jadi, mengapa mengasumsikan perekonomian terbuka kecil?

J: beberapa Negara, seperti Kanada dan Belanda, lebih baik bila dijelaskan dengan asumsi perekonomian terbuka kecil. Namun, alasan utama membuat asumsi ini adalah untuk mengembangkan pemahaman dan intuisi bagi makroekonomi dalam perekonomian terbuka..

  1. Model

Untuk mengembangkan model  perekonomian terbuka kecil, kita ambil tiga asumsi dari bab sebelumnya.

Ø Output perekonomian Y di tentukan oleh faktor-faktor produksi dan fungsi produksi.

Y = Y = F(K,L).

Ø Konsumsi C berhubungan secara positif dengan pendapatan disposebel Y – T. dinyatakan fungsi konsumsi dengan:

C = C(Y-T).

Ø Investasi I berhubungan secara negative dengan tingkat bunga riil r. kita nyatakan fungsi investasi dengan

I = I(r)

Ini adalaah bagian penting dari model kita. Kita sekarang dapat ke identitas akuntansi dan menulisnya pembahasan.

NX= (Y-C-G)-I

NX= S-I

Persamaan ini menunjukkan bahwa neraca perdagangan NX tergantung pada variable-variabel tersebut yang menentukan tabungan S dan investasi I. karena tabungan  bergantung pada kebijakan fiscal (belanja pemerintah Gyang lebih rendah atau pajak T yang lebih tinggi meingkatkan tabungan nasional ) dan investasi bergantung  pada tingkat bunga riil dunia r* (tingkat bunga yang lebih tinggi membuat beberapa proyek investasi menjadi tidak menguntngkan), maka neraca perdagangan juga bergantung pada variable-variabel tersebut. Tabungan dan investasi dalam perekonomian terbuka keci. Dalam perekonomian tertutup, tingkat bunga riil menyesuaikan diri untuk menyeimbangkan tabungan dan investasi. Dalam perekonomian terbuka kecil, tingkat bunga ditentukan dalam pasar keuangan dunia. Selisih antara tabungan dan investasi menentukan neraca perdagangan. Dalam gambar terjadi surplus perdagangan, karena pada tingkat bunga dunia, tabungan melebihi investasi.  Gambar 5.2

Review Seva Mobil Bekas Pilihan Expert (JUJUR)