TRADISI DALAM ILMU KOMUNIKASI

TRADISI DALAM ILMU KOMUNIKASI

            Anggapan bahwa komunikasi sudah menjadi sebuah disiplin ilmu yang mandiri sehingga dijuluki communication science (ilmu komunikasi) tidak datang begitu saja atau terjadi seketika tanpa proses perhatian yang meningkat dari berbagai ilmuwan, akan tetapi telah melewati batas-batas dari berbagai ilmu baik ilmu sosial maupun ilmu pasti sekalipun.

     Robert Craig menyebut adanya tujuh tradisi dalam kajian teori komunikasi yaitu:

  1. Tradisi Semiotik

            Dalam Littlejohn disebut secara lebih rinci landasan teoritis dari kalangan ahli linguistik seperti Ferdinand de Saussure, yang mencoba membahas tentang hakikat simbol. Simbol merupakan produk budaya suatu masyarakat untuk mengungkapkan ide-ide, makna, dan nilai-nilai yang ada pada diri mereka. Analisis-analisis tentang iklan, novel, sinetron, film, lirik lagu, video klip, fotografi, dan semacamnya menjadi penting.

  1. Tradisi Fenomenologi

            Inti tradisi fenomenologi adalah mengamati kehidupan dalam keseharian dalam suasana yang alamiah. Tradisi fenomenologi dapat menjelaskan tentang khalayak dalam berinteraksi dengan media. Beberapa figur penting di sini adalah James Lull, Ien Ang, dan sebagainya. Tradisi fenomenologis memandang bahwa peran kepribadian dalam perilaku paling mudah dipahami dengan melukiskan peranan langsung orang, yaitu proses yang digunakan oleh mereka yang memperhatikan dan memahami fenomena yang disajikan langsung oleh mereka.

  1. Tradsi Cybernetik

            Tradisi ini berkaitan dengan proses pembuatan keputusan. Tradisi cybernetic berangkat dari teori sistem yang memandang terdapatnya suatu hubungan yang saling menggantungkan dalam unsur atau komponen yang ada dalam sistem. Sistem ini dipahami sebagai suatu sistem yang bersifat terbuka sehingga perkembangan dan dinamika yang terjadi di lingkungan akan diproses dalam internal sistem. Proses resepsi terhadap pesan yang berlangsung dalam diri khalayak.

 

sumber

https://areaponsel.com/seva-mobil-bekas/